DPRD Kutim Sampaikan Rekomendasi Laporan LKPJ Bupati Di Paripurna Ke-8

Berita3.net, SANGATTA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim) melaksanakan rapat paripurna ke 8, tentang penyampaian rekomendasi dewan terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kutim tahun anggaran 2022.

Rapat paripurna yang dipimpin Joni selaku Ketua DPRD Kutim, Selasa (16/5/2023) pagi, didampingi Wakil Ketua 1 DPRD Kutim Asti Mazar dan dihadiri Bupati Ardiansyah Sulaiman dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPJ David Rante terlebih dahulu menyampaikan sejumlah poin penting yang menjadi acuan bagi pemerintah untuk melakukan sejumlah evaluasi. David mengatakan, rekomendasi DPRD dan catatan kebijakan bersifat administratif dan teknis yang berasal dari Penilaian Kinerja Pembangunan Daerah berdasarkan atas capaian-capaian yang termuat selama ini dan telah dilakukan.

“Secara garis besar, ada 19 poin yang menjadi rekomendasi Pansus LKPJ termasuk diantaranya meminta pemerintah melakukan percepatan pelaksanaan APBD 2023, membuat program yang menyentuh masyarakat secara langsung, Sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah agar dapat digali secara seksama termasuk dari sektor pajak dan retribusi serta Perbaikan infrastruktur harus dipercepat,” ungkap David.

Setelah dibentuk Pansus LKPJ pada 5 April 2023, berdasarakan SK  No 5 Tahun 2023. Pansus telah melakukan sejumlah pertemuan termasuk rapat sejumlah pihak. “6 kali kami laksanakan rapat, yakni rapat internal pada tanggal 7 April 2023, rapat dengan Bappeda pada tanggal 10 April 2023, rapat dengan semua Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Kutai Timur dari tanggal 11 April 2023 hingga tanggal 10 Mei 2023,” bebernya

“Rapat pemantapan dengan Bappeda pada tanggal 11 Mei 2023, Melakukan kunjungan kerja dalam rangka konsultasi ke Samarinda pada tanggal 11-13 Mei 2023 dan terakhir Rapat internal dalam rangka finalisasi pada tanggal 15 Mei 2023,” sambung politis partai Gerindra tersebut.

Lebih lanjut, David menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam proses kerja Pansus. Terlebih Perangkat Daerah yang hadir dan memenuhi undangan dari Pansus. “Atas nama Pansus LKPJ, saya ucapkan banyak terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerjasama yang baik. Semoga apa yang telah kita lakukan bersama dalam pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 menjadi perwujudan dari visi dan misi AS-KB ‘menata Kutai Timur sejahtera untuk semua’,” pungkasnya (adv/Ao)