oleh

Kepolisian Lakukan Penyekatan Di KM.13 Manggar Dan Lamaru,Warga Terlanjur Ke Pelabuhan Dan Bandara Disuruh Balik

Berita3.net, Balikpapan –Polresta Balikpapan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2021 mengusung tema” Kita tingkatkan sinergitas Polri,TNI dan Istansi terkait” di halaman Mapolresta Balikpapan pada hari Rabu (5/5).

Apel Gelar Pasukan tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada perayaan hari raya Idul Fitri 1442 H, yang mana waktu pelaksanaannya tinggal beberapa hari lagi.

Usai Apel Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi menuturkan dalam apel tersebut dihadiri sebanyak kurang lebih 300 pasukan.

“Ada dari TNI, dari Polri, ada dari Satpol PP, ada juga dari Senkom, ada juga dari relawan yang ada di kota Balikpapan kita ikutkan untuk apel” kata Turmudi.

Ditanya berkaitan dengan mudik, Turmudi tegaskan pihaknya tetap berpedoman dengan kebijakan aturan dari pemerintah terkait larangan mudik.

“Di kota Balikpapan juga kita melaksanakan sosialisasi yang sama. Kemudian kita juga melakukan penyekatan-penyekatan terutama penertiban Protokol kesehatan. Orang-orang yang keluar masuk kota Balikpapan, sudah disekat di Manggar, Lamaru dan di Km 13,” imbuhnya.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tidak keluar masuk Balikpapan. Namun jika memang terdapat warga yang akan masuk ke Balikpapan pihaknya akan melakukan protokol bkesehatan dan Rapid Test di tempat.

Lebih lanjut dia menerangkan, untuk posko keamanan juga tetap dilaksanakan, baik yang ada di Bandara maupun pelabuhan dan ditempat- tempat keramaian.

“Lebaran ini kita akan menambah posko dalam rangka mengantisipasi lonjakan kegiatan masyarakat. Terutama di tempat-tempat atau di pusat- pusat perbelanjaan,”imbuhnya.

Seperti halnya di beberapa mall, dan pusat perbelanjaan, pihaknya sudah koordinasikan dengan instansi terkait yaitu dengan Satpol PP dan Pemkot untuk membuat operasi gabungan. Yang di dalamnya ada TNI, Polri, Dinkes, untuk sosialiasi dan penegakan Protokol kesehatan.

“Paling tidak ketika terjadi lonjakan di tempat keramaian terutama puncak nanti mau menjelang lebaran di tempat-tempat perbelanjaan itu kita sudah menempatkan personel disitu,”pungkasnya.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi

Adapun mengenai larangan mudik dan ternyata terdapat warga yang sudah berangkat ke palabuhan untuk mudik, dia katakan untuk pelabuhan dan bandara di sana akan dilakasanakan rapid test. Namun kalau mereka sudah ada di bandara atau pelabuhan itu pihaknya akan sosialisasikan dari sekarang.

“Nanti kalau untuk di pelabuhan sama bandara kita akan laksanakan Rapid Test, tapi kalau yang sudah ada di pelabuhan atau di bandara kita sosialisasikan dari sekarang nanti kita diperintahkan untuk kembali kalau tidak ada surat perjalanan Dinas,” Pungkasnya. (Jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI