oleh

Laksanakan Sensus Door to Door, BPS Mulai Dari Rumdis Walikota Balikpapan

Berita3.net, Balikpapan –Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Balikpapan sudah memulai lakukan Sensus Penduduk DOOR TO DOOR sebagai tindak lanjut sensus penduduk secara online yang sudah dilaksanan beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali dalam rangka mencatat kependudukan sebagai dasar pembangunan daerah dan negara.

Mengawali kegiatan tersebut BPS melakukan sensus secara Door To Door di Rumah Jabatan Walikota Balikpapan H.M Rizal Efendi S.E , Selasa (1/9/2020).

Kepala BPS Ir. Achmad Zaini, M.Si membuka kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan petugas dari BPS mendata ulang atau mencocokkan data walikota yang sebelumnya telah melakukan sensus secara online.

Selanjutnya Petugas melanjutkan mendata warga yang berada di lingkungan sekitar Rumah Dinas Walikota serta seluruh warga masyarakat yang ada di Balikpapan.

Rizal Efendi menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan serentak oleh petugas BPS seluruh Indonesia mulai 1 September 2020 selama kurang lebih dua minggu kedepan dilakukan dari rumah ke rumah.

“Petugas yang diturunkan kembali dari rumah ke rumah mereka untuk mendata baik yang sudah melakukan online maupun yang belum online, hanya di cek apakah masih ada perubahan sedangkan yang belum tentu didata ulang karena kan kita ingin mendapatkan data penduduk yang riil dan akurat”, Tutur Rizal Efendi.

Ir. Achmad Zaini juga menyampaikan bahwa data setiap penduduk sangat penting dan esensial, sebagai tanda penduduk tersebut tercatat sebagai warga kota Balikpapan yang kegunaan untuk berbagai kepentingan.

“Metodologi yang kita pakai dengan cara kombinasi antara database kependudukan catatan sipil, kemudian oleh karena itu pertanyaan yang disampaikan dalam Door to Door ini tidak terlalu banyak, hanya mengecek keberadaan yang bersangkutan itu sama antara KK dan tempat tinggalnya”, Jelas Ahmad Zaini.

Ia juga menambahkan bahwa yang telah melakukan Sensus online sekitar 150 ribuan sedangkan yang belum kurang lebih 490 ribuan masyarakat Balikpapan.

Oleh karenanya Ahmad Zaini juga menghimbau semua warga untuk menyambut dan membantu Petugas dan pengurus RT setempat dengan senyum dan penerimaan yang baik serta memberikan Jawaban dengan sebenar-benarnya. (Jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.