oleh

Membangun Kemandirian dan Perkuat Program Layanan, PKBM Ambalat Mulya Jalin Kemitraan

Berita3.net, Sangatta –Kemitraan adalah suatu hubungan kerja dalam upaya meningkatkan kerjasama kepada berbagai pihak untuk mencari bentuk kesepakatan yang dapat menghasilkan suatu tujuan yang sama dalam proses dunia pendidikan luar sekolah.

Kemitraan dalam sebuah lembaga termasuk lembaga pendidikan nonformal, seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, merupakan sebuah tuntutan agar lembaga tersebut tetap eksis, karena lembaga pendidikan tanpa adanya kemitraan akan terkait dengan lulusannya, maupun produk yang dihasilkan dalam lembaga tersebut.

Pengelola PKBM sebagai sumberdaya manusia yang berkecimpung dalam lembaga PNF perlu mengatahui pentingnya menjalin kemitraan serta bagaimana cara membangun kemitraan tersebut. Dalam perkembangannya, keberhasilan PKBM menjalankan fungsinya sangat ditentukan oleh kemampuan pengelolaan yang dilaksanakan dalam mencapai tujuan.

Salah satu lembaga PKBM yang perkuat dengan menjalin kemitraan adalah PKBM Ambalat Mulya. PKBM Ambalat Mulya yang berlokasi di Jln Pendidikan RT 05 Desa Margo Mulyo Kec. Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur dalam beberapa tahun ini sudah melakukan kemitraan dengan beberapa pihak diantaranya Pemerintah Desa Margo Mulyo, Pemerintah Kecamatan Rantau Pulung, Komunitas Pembatik Kutai Timur, PT Kaltim Prima Coal (KPC), Olsabar Pusat Oleh-Oleh Sangatta, LKP Roby Perbatasan, UP2K Kecamatan Rantau Pulung, Dinas Pendidikan Kutai Timur, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Agus Tailor, Ocha Salon dan beberapa stakeholder lainnya.

Bentuk kerjasama yang dilakukan berupa Pemanfaatan Tempat Praktik dan Belajar, Tempat Pemasaran dan Promosi Produk PKBM, Pemanfaatan Pemagangan dan Lulusan, Pemanfaatan Narasumber, Pengembangan Kurikulum dan Bahan Ajar, Pengadaan Perlengkapan Alat Praktik dan lainnya.

”Bentuk kerjasama ini sudah dilakukan sejak tahun 2018 sampai saat ini terus dilakukan”, ujar Jumadil, Ketua PKBM Ambalat Mulya. Jumat, (16/07/2021)

Kerjasama ini sangat membantu PKBM dalam menjalankan program layanan sehingga manfaat dari kemitraan ini sangat luar biasa tidak hanya untuk PKBM tetapi juga untuk lulusan atau alumni PKBM itu sendiri.

Jumadil menambahkan bahwa baru-baru ini sudah dilakukan kesepakatan kemitraan dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kutai Timur dan insyaAllah akan dilakukan penandatangan MoU pada bulan Agustus mendatang pada kegiatan program Kampung Literasi.

”Adapun bentuk kerjasama yang dilakukan berupa Pemanfaatan Bersama Koleksi Perpustakaan dan Pengembangan Kegiatan Perpustakaan dimana kedepannya program layanan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di PKBM Ambalat Mulya akan selalu berkerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah” tutupnya. (As)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI