oleh

Satbrimob Gelar Apel Kontinjensi Bencana, Sewaktu Waktu Terjadi Bencana Siap Diterjunkan

Berita3.net, BALIKPAPAN-Dalam rangka kesiapsiagaan menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah hukum Polda Kaltim, seluruh personil Satuan Brimob Polda Kaltim ikuti apel gelar siaga bencana atau Search And Rescue (SAR) dan peralatan.

Apel tersebut dipimpin secara langsung oleh Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Kaltim AKBP Suwinto, yang dilaksanakan di lapangan SPN Polda Kaltim pada Kamis (25/11).

Sebagai salah satu bentuk kesiapan Brimob menghadapi segala bentuk gangguan kamtibmas, maka apel gelar pasukan dan peralatan melibatkan seluruh personil Brimob Polda Kaltim di wilayah Kota Balikpapan, Samarinda, Paser dan Berau.

Hal itu juga menindaklanjuti petunjuk dan arahan Dankor Brimob Polri terkait apel kesiapsiagaan jajaran Korps Brimob Polri.

Dalam arahannya Danyon C Pelopor AKBP Suwinto, SH, SIK menjelaskan, apel dilaksanakan dalam rangka kesiapsiagaan mengantisipasi bencana di wilayah hukum Polda Kaltim menghadapi situasi kontijensi.

“Apel pengecekan personil, kendaraan serta peralatan ini dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan personil Brimob Polda Kaltim guna menghadapi situasi kontijensi terjadinya bencana alam di wilayah hukum Polda Kaltim,”jelasnya.

“Sehingga ketika dalam keadaan darurat kita siap bergerak dengan peralatan dan kendaraan dinas yang kita miliki,” imbuhnya.

Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK dalam kesempatan lain menjelaskan bahwa kegiatan ini selain bertujuan untuk pengecekan pasukan, menyiagakan pasukan, dan menyiapkan peralatan serta penyampaian informasi dari pimpinan kepada anggota.

Kegiatan tersebut juga sebagai bentuk menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat, mapping lokasi rawan bencana, simulasi penanganan bencana, koordinasi dengan potensi bencana masyarakat, memberikan bantuan sosial dan melakukan kerja bakti serta mendirikan dapur umum.

“Guna mengantisipasi situasi kontijensi bencana alam yang terjadi di beberapa daerah Kaltim apel siaga bencana ini juga bertujuan untuk pengecekan pasukan, menyiagakan pasukan, dan menyiapkan peralatan serta penyampaian informasi dari pimpinan kepada anggota,”jelas Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang.

“Juga sebagai bentuk menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat, mapping lokasi rawan bencana, simulasi penanganan bencana, koordinasi dengan potensi bencana masyarakat, memberikan bantuan sosial dan melakukan kerja bakti serta mendirikan dapur umum.”bebernya.

Selain itu dalam apel tersebut juga digelar alat SAR dan kendaraan, seperti mobil Tata, pelampung, perahu karet, tali caramantel dan sejenisnya sekaligus pengecekan alat SAR dan kendaraan khusus SAR yang dimiliki oleh Satuan Brimob Polda Kaltim.(Jam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI