oleh

Bupati Ardiansyah Instruksikan Kadis PU Segera Perbaiki Jalan Poros Ranpul-Sangatta.

Berita3.net, RANTAU PULUNG – Merespon keluhan masyarakat soal kondisi jalan Poros Rantau Pulung (Ranpul) – Sangatta yang rusak karena longsor, Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman langsung melakukan peninjauan lapangan ke lokasi-lokasi jalan rusak yang dilaporkan warga, Rabu (15/6/2022)

Didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Muhammad Muhir dan Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Asran Lode, Kepala Bagian (Kabag) Protokol Komunikasi Pimpinan Basuki Isnawan, Bupati bertolak dari Sangatta pukul 14.00 WITA untuk “blusukan”. Menggunakan tiga mobil gardan ganda, rombongan berangkat beriringan.

Bupati Kutim Ardiansyah saat tinjau lokasi jalan rusak Ranpul-Sangatta

Benar saja, hasil peninjauan lapangan didapati keadaan dibeberapa titik jalan poros tersebut nampak rusak. Bahkan ada yang bisa dikatakan parah dan berbahaya. Ada pula yang hanya menyisakan beberapa meter dan cukup untuk dilalui mobil dengan ukuran kecil. Tentunya hal itu menjadi masalah dan menghambat mobilisasi masyarakat yang hendak ke Ranpul ataupun sebaliknya. Total ada tiga lokasi yang ditinjau Bupati.

“Pak Muhir tolong segera dikoordinasikan upaya penyelesaian kerusakan jalan ini. Jangan sampai memakan korban atau memperlambat lalu lalang transportasi masyarakat,” begitu Ardiansyah memberi instruksi kepada Kadis PU.

Untuk sementara, pihak Dinas PU telah memasang garis pembatas di area yang dianggap berbahaya. Dibeberapa lokasi kerusakan jalan yang lama terlihat sudah ada pengerjaan perbaikan, dibantu beberapa alat berat. Agar mobilisasi masyarakat yang melintas tetap berjalan.

Kadis PU Kutim Muhammad Muhir mengatakan dirinya telah berkoordinasi intensif dengan jajarannya untuk menyelesaikan perbaikan jalan yang rusak tersebut. Selain itu dia mengaku juga telah bersurat kepada perusahaan-perusahaan yang wilayah kerjanya bersinggungan dengan jalan dimaksud, untuk bersama-sama ikut menyelesaikan persoalan itu.

“Kami sudah bersurat, semoga bersama-sama penyelesaiannya bisa lebih cepat,” ujarnya disaksikan beberapa perwakilan perusahaan yang turut mendampingi.

Kurang lebih sekitar 1,5 jam Bupati melakukan peninjauan lapangan dadakan tersebut. Setelah selesai, Ardiansyah langsung kembali ke Sangatta. Sekitar pukul 16.20 WITA Bupati sudah berada di Sekretariat Kabupaten untuk menerima tamu. Sedangkan Kadis PU bersama jajarannya masih melanjutkan peninjauan lapangan di jalan poros yang juga kerap dilintasi kendaraan warga dari kecamatan di utara Kutim tersebut. (Prokompi/BT3)