oleh

Harga Cabai di Pasar Induk Sangatta tembus Rp 90 Ribu Per Kilogram

Berita3.net, SANGATTA – Harga bahan pokok di Pasar Induk Sangatta (PIS) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mulai mengalami kenaikan. Salah satunya adalah harga cabai rawit mulai menyentuh Rp 90 ribu per kilogram.

Selain cabai, beberapa jenis sayur mayur dan kebutuhan dapur lainnya juga mengalami kenaikan harga. Seperti telur, bawang merah dan bawang putih yang memang ikut mengalami kenaikan harga selama sepekan terakhir.

Dikutip dari laman tribunkaltim.co, Minggu (12/6/2022), Berdasarkan daftar harga pokok strategis UPT Pasar Induk yang dihimpun Disperindag Kutim, harga cabai lokal di pekan pertama bulan Juni 2022 bernilai Rp 80.000 per kilogram. Namun memasuki pekan kedua, terdapat peningkatan harga sebanyak Rp 10.000, menjadi Rp 90.000 per kilogram. Untuk cabai keriting juga mengalami peningkatan harga dari semula Rp 40.000 per kilogram menjadi Rp 45.000 per kilogram.

Menurut Kepala UPT Pasar Induk Sangatta Utara Bohari, kenaikan harga cabai tersebut bukan dikarenakan jelang Hari Raya Idul Adha. Namun disebabkan karena cuaca penghujan selama beberapa pekan terakhir.

“Selain kurang pendistribusian cabai ke Sangatta karena memang belum musim panen, faktr cuaca buruk juga,” ujarnya

Dari berbagai produk tani yang ada di Pasar Induk Sangatta Utara, cabai memang merupakan kebutuhan pokok yang paling terdampak dengan perubahan cuaca.

Petani cabai rentan mengalami gagal panen akibat cuaca penghujan, sehingga berpengaruh terhadap pasokan. “Apalagi cabai lokal kita banyak mengandung air, jadi belum sampai di pembeli sudah banyak yang tidak bagus,” ujarnya. (*/BT3)