oleh

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan Gelar Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing

Berita3.net, Balikpapan –Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Kota Balikpapan Tahun 2021 di Aula Sudirman, lantai 4 pada Kamis (18/03/2021).

Rakor yang berlangsung dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, Rakha Sukma Purnama, yang juga selaku Ketua TIM PORA dengan didampingi oleh Kepala Seksi Inteldakim dan dihadiri oleh Anggota TIM PORA.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan, Rakha Sukma Purnama, yang juga selaku Ketua TIM PORA mengungkapkan.

Sesuai amanat Undang- Undang nomer 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian pasal 69, dalam pembentukan TIM PORA juga turut melibatkan berbagai Instansi baik pusat dan daerah.

Yang mana memiliki tugas pokok dan fungsi terkait penanganan orang asing dan berperan aktif dalam melakukan pengawasan terhadap kegiatan maupun keberadaan Orang Asing yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Balikpapan.

“Dengan dibentuknya TIM PORA ini dapat menghilangkan hambatan dalam koordinasi sehingga menciptakan sinergitas antar stakeholder dalam menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia,” ujar Rakha.

Sementara itu, Dalam sambutannya, Asisten Tata Pemerintahan Kota Balikpapan Syaiful Bahri yang mewakili Walikota Balikpapan menambahkan.

Rapat Koordinasi terkait pengawasan orang asing merupakan isu penting yang perlu menjadi perhatian bersama.

“Hal itu dikarenakan, kunjungan orang asing menjadi indikator bahwa Kota Balikpapan dinilai baik sebagai kota yang nyaman dalam pandangan masyarakat internasional,” jelasnya.

Dalam Rakor Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Kota Balikpapan yang berlangsung dalam kesempatan tersebut juga mengahadirkan 2 (dua) orang narasumber yang berkompetensi di bidang pengawasan orang asing.

Nara sumber tersebut yakni Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur, Hendro Tri Prasetyo dan Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja, Dinas Ketenagakerjaan Kota Balikpapan, Yudiarso untuk memaparkan terkait isu-isu aktual, dalam melakukan penyusunan program kerja tahun 2021. (Jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.