oleh

PKBM Ambalat Mulya Gelar Sosialisasi Pendidikan Kesetaraan dan Program Kegiatan

Berita3.net, Sangatta –Dalam rangka memberantas masyarakat putus sekolah, PKBM Ambalat Mulya melakukan kerjasama dengan pemerintah desa yang berada di wilayah kecamatan Rantau Pulung untuk menjaring masyarakat yang putus sekolah maupun yang belum pernah mengenyam pendidikan sama sekali. Namun hal ini tidak mudah disebabkan beberapa faktor diantaranya ketidakpercayaan masyarakat akan lulusan pkbm, adanya rasa malu untuk kembali bersekolah karena faktor umur, adanya kesibukan bekerja dan juga beberapa factor lainnya sehingga ini perlu diluruskan akan pemahaman kepada masyarakat.

Maka dari itu , PKBM Ambalat Mulya melakukan sosialisasi terkait Pendidikan kesetaraan dan program kegiatan pkbm yang diselenggarakan. Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Senin, 15 Maret 2021 di aula pertemuan desa Margomulyo. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pemerintah desa, anggota BPD, Babinsa, ketua RT, LPM, KPM dan tokoh masyarakat. Sosialisasi ini dimaksudkan selain sebagai ajang silaturahin juga memberikan pemahaman akan pendidikan kesetaraan dan menjelaskan program-program PKBM Ambalat Mulya yang selama ini sudah terlaksana.

Selain itu, juga memberikan pemahaman akan pentingnya pendidikan serta keuntungan dan legalitas ijazah lulusan pkbm setara dengan ijazah lulusan sekolah formal sehingga faktor yang menghambat mereka untuk kembali bersekolah dapat diluruskan.

Jumadil selaku ketua PKBM Ambalat Mulya dalam paparannya menyampaikan bahwa banyak keuntungan yang dapat diperoleh ketika melanjutkan pendidikan di pkbm khususnya di PKBM Ambalat Mulya. Keuntungan tersebut tidak hanya sekedar mendapatkan ijazah tapi juga mendapat keterampilan. Berbagai macam keterampilan seperti Tata Busana (Menjahit), Komputer, Tata Boga, Bordir, Kerajinan Tangan, Pertanian dan Perkebunan serta Membatik. Bersekolah di pkbm juga mendapatkan beasiswa PIP seperti sekolah formal hanya saja yang berhak mendapatkan beasiswa tersebut merupakan kewenangan dari pusat melalui verifikasi data yang ada. Pada kesempatan ini juga, Jumadil menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah desa Margomulyo yang selalu mendukung program yang dilaksanakan oleh pkbm. Sosialisasi serupa juga akan dilakukan di desa lainnya yang berada di wilayah kecamatan Rantau Pulung, tutur Jumadil. Pada pertemuan yang sama juga telah dilaksanakan acara pemantapan Tim Relawan Kampung Tangguh Covid-19 di desa Margomulyo. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.