oleh

Program Inovasi Desa Kandolo dalam Pemanfaatan Limbah Pertanian

Berita3.net, Sangatta – Kepala Desa Kandolo Alimuddin, kembali mengadakan Kursus Tani, kali ini Pembutan Pupuk Organik bersama PPL Pertanian di Halaman Kantor BPU Desa Kandolo, Rabu (31/7/2019).

kegiatan yg dilakukan diantaranya praktek pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL) dari bahan dasar nasi, tujuannya sebagai bahan pengurai pupuk kompos. Selanjutkan di lakukan praktik pembuatan pupuk kompos dengan MOL yang sudah jadi sebelumnya.

Kegiatan ini dipandu oleh Decorina Lumintang sebagai PPL sekaligus KJF Kecamatan Teluk Pandan bersama PPL setempat.

Photo: Praktek pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL) yang di pandu oleh Decorina Lumintang sebagai PPL sekaligus KJF Kecamatan Teluk Pandan

“Kegiatan ini bertujuan untuk pemanfaatan limbah pertanian, limbah peternakan serta limbah rumah tangga sebagai nilai tambah petani itu sendiri.” Jelas Rusdiana PPL Pertanian Desa Kandolo.

“Serta ingin mengubah perilaku petani untuk membuat pupuk organik sendiri dan memanfaatkannya sebagai pupuk tanaman dan memperbaiki unsur hara tanah.” Tambah Rusdiana.

Kepala Desa Kandolo menjelaskan bahwa setiap kegiatan yang di laksanakan oleh pemerintah desa harus sejalan dengan Visi Misi Desa.

“Membangun Desa harus punya arah dan tujuan yang ingin dicapai, Kalau Desa Kandolo tentunya mewujudkan Desa Mandiri dan Terpadu (Madu) yang bertanggung Jawab atas terciptanya masyarakat Adil Makmur yang diridhoi Allah SWT Tuhan yang Maha Esa.” Tegas Bang Ali, Sapaan Kepala Desa Kandolo.(As)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA TERKINI