oleh

4 Desa Diberi Bimtek Petugas Registrasi Kependudukan Oleh Disdukcapil Kutim.

Berita3.net, SANGATTA – Sebanyak empat desa di Kutai Timur (Kutim) mendapat bimbingan teknis (bimtek) petugas registrasi desa terkait kebutuhan pelayanan dokumen kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutim. Empat desa tersebut adalah Desa Sika Makmur dari Long Mesangat, Desa Muara Dun dari Muara Ancalong, Desa Batu Timbau dan Batu Timbau Ulu dari Batu Ampar.

“Kami beri bimtek dan saat ini sudah berjalan, setiap desa rata-rata mengirimkan dua orang untuk mengikuti bimtek tersebut,” ungkap Plt Kepala Disdukcapil Kutim, Sulastin belum lama ini saat ditemui di ruangannya, Kantor Disdukcapil Kutim, Jalan AW Syahranie, Sangatta Utara, Jum’at (8/7/2022).

Sulatin mengatakan bimtek kepada petugas registrasi desa bertujuan untuk menyinergikan antara disdukcapil dengan pemerintah tingkat desa dalam pemenuhan dokumen kependudukan. Adapun beberapa hal penting yang menjadi prioritas dalam data kependudukan di masing-masing desa. Misalnya, data kematian, setiap warga yang berada di lingkup desanya maka harus didata di buku pokok kematian.

“Kemudian berkasnya dilengkapi, lalu desa membuat surat keterangan kematian, lalu dikirim ke Disdukcapil sini, dan kami akan menerbit surat kematian, sehingga terhubung dengan database,” bebernya.

Terakhir, ia menyampaikan ini merupakan langkah yang dilakukan Disdukcapil Kutim dalam pembenahan data kependudukan dengan menyasar langsung ke setiap desa. (*/BT3)