oleh

Andil Besar Angkutan Udara, Terjadinya Deflasi Agustus 2020

Berita3.net, Balikpapan –Perkembangan indeks harga konsumen dan inflasi kota Balikpapan di bulan Agustus ini mengalami Deflasi sebesar 0,21 persen.

Berdasarkan data yang kami peroleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Balikpapan adanya perubahan pola konsumsi masyarakat, maka diperlukan pemutakhiran tahun dasar Indeks Harga Konsumen (IHK).

Pemutakhiran tahun dasar dilakukan berdasarkan Survei Biaya Hidup (SBH) yang dilakukan selama 2018.

Bulan Agustus ini kelompok komoditi pengeluaran konsumsi rumah tangga mengalami kenaikan indeks harga yaitu kelompok Pakaian dan Alas Kaki, Kelompok Perlengkapan, peralatan, Pemeliharaan Rutin Rumah tangga, kelompok pendidikan, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya.

Sedangkan Kelompok komoditi konsumsi rumah tangga yang mengalami penurunan indeks harga yaitu kelompok makanan, minuman dan tembakau, kelompok tranportasi, kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan.

Sementara kelompok komoditi pengeluaran konsumsi rumah tangga yang tidak mengalami perubahan indeks harga yaitu kelompok perumahan, air, listrik,gas dan bahan bakar rumah tangga, kelompok kesehatan,kelompok rekreasi, olahraga dan budaya, dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran.

Komoditi yang memberikan andil terbesar terhadap terjadinya Deflasi adalah angkutan udara yang mengalami penurunan indeks harga sebesar 5,75 Persen dan memberikan andil terhadap deflasi sebesar -0,0871 persen.

Kelompok makanan minuman dan tembakau memberikan andil terbesar terhadap deflasi sebesar -0,2408 persen, diikuti kelompok tranportasi sebesar -0,0876 persen, kelompok informasi komunikasi jasa keuangan sebesar-0,0068 persen.

Adapun perbandingan di Region Kalimantan, 9 Kota alami deflasi, termasuk Balikpapan menempati posisi kota dengan Deflasi ketiga terendah. Adapun inflasi tertinggi adalah Kota tarakan diikuti Banjarmasin dan Kotabaru.

Adapun inflasi tahun kalender atau Year to Date pada bulan Agustus ini sebesar 0,64 persen dan inflasi Year On Year bulan ini sebesar 0,32 persen. (Jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA TERKINI