Ardiansyah Buka Bazar UMKM di Pantai Sekerat, Ini Pesannya

Berita3.net, BENGALON – Dalam menggeliatkan kembali perekonomian di Kutai Timur (Kutim) dan sekaligus mempromosikan produk lokal yang ada, Pemkab Kutim melalui Diskop UKM Kutim melanjutkan Bazar Promosi UMKM Kutim di 18 titik. Terkini sudah di lokasi keempat dan sekarang dihelat di Pantai Sekerat Kecamatan Bengalon, Selasa (25/4/2023) malam.

Bazar itu pun dibuka langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi istri Siti Robiah. Tampak hadir pula Plt Asisten Admum Didi Herdiansyah, Kadis LH M Armin, Kepala DPMDes Yuriansyah, Wakil Ketua II DPRD Arfan, Anggota DPRD Agusriansyah, Camat Bengalon Suharman, Kades Sekarat Sunan Dhika, perwakilan stakeholder, masyarakat sekitar, unsur muspika dan undangan lainnya.

Dikatakan Bupati Ardiansyah Sulaiman, Bazar Promosi UMKM bakal digelar di 18 titik di wilayah Kutim. Kali ini sudah di empat titik yang berada di Pantai Sekerat Kecamatan Bengalon.

“Alhamdulillah, malam ini ada produk unggulan Desa Sekerat adalah hasil olahan yang bersumber dari laut. Mulai dari kulit kerang dan lainnya,” ujar Ardiansyah.

Ia pun mengacungi jempol hasil olahan yang bersumber dari laut. Salah satunya kulit kerang yang dapat diubah menjadi berbagai bentuk ornamen. Menurutnya, masih banyak produk yang belum di munculkan ke publik. Maka dari itu, dengan bazar inilah produk-produk tersebut bakal bermunculan ke permukaan.

“Saya juga sudah meminta genpro untuk melakukan kurasi ini lebih cepat. Mudah-mudahan menjadi peluang yang lebih bagus lagi tingkat pasar,” harapnya.

Disisi lain, adapula peluang untuk produk gula semut. Karena di Kutim ini, luar biasa hampir seluruh kecamatan bisa memproduksi gula semut. Jadi, semua produk-produk yang diperkenalkan di bazar bakal di pasarkan di Expo Bali nantinya.

Sementara itu, Kadiskop UKM Kutim Darsafani mengatakan dihelatnya pelatihan sampai dengan digelarnya bazar ini, salah satunya supaya UMKM lokal ini dapat mandiri dan bisa menguasai pangsa pasar yang luas.

“Insyaallah, UMKM dapat mandiri dan koperasi bisa lebih meningkat,” ujarnya.

Senada, Perwakilan Genpro Kaltim Leon menyampaikan ada 36 pedagang yang mengikuti bazar ini. Panitia menyiapkan 20 tenda. Bazar pun direncanakan bakal buka hanya siang sampe sore, sebab melihat potensi ramainya pengunjung pantai.

“Semoga Bazar yang berlangsung selama 5 hari ini bisa berjalan lancar dan meningkatkan perekonomian di Desa Sekerat,” singkatnya. (Adv/bt3)