Ardiansyah Hadiri Silaturahmi Poktan Simono, Berarap Hasil Pertanian Meningkat

Berita3.net, SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman didampingi istri Siti Robiah menghadiri undangan silaturahmi Kelompok Tani (Poktan) di Jalan Simono, Kelurahan Teluk Lingga, Selasa (13/6/2023) pagi. Kegiatan silaturahmi tersebut juga dirangkai dengan penanaman bawang merah oleh Bupati Ardiansyah dan juga pemberian bantuan bibit dan alat pertanian kepada Poktan.

Tampak hadir mendampingi Bupati Kutim yakni Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kutim Dyah Ratnaningrum, Camat Sangatta Utara Hasdiah Dohi, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setkab Kutim Basuki Isnawan dan perwakilan Dinas PU Kutim.

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah menyampaikan bahwa saat ini negara Eropa mengalami krisis pangan yang luar biasa. Hal itu disebabkan karena adanya perang antara Rusia dan Ukrania. Dengan adanya perang itu menjadi peluang bagi negara lain khususnya Indonesia untuk menjual hasil pangannya ke negara Eropa dan Asia.

“Pak Gubernur (Isran Noor) sering menyampaikan dalam sambutannya bahwa Kaltim surplus dari beberapa komoditi pangan dan itu diminati negara lain. Nah, untuk Kutim juga memiliki peluang yang luar biasa, kita punya beberapa produk di antaranya ada pisang gerecek, nanas, amplang, ikan asin air tawar dan masih banyak lagi produk yang lain,” jelasnya.

Bupati Ardiansyah tanam bawang merah

Lebih lanjut, ia memberikan semangat kepada para petani untuk meningkatkan hasil pertaniannya. Baik itu sayur-mayur, padi sawah, buah-buahan maupun yang lain.

“Saya sudah perintahkan ibu Kadis (Dyah Ratnaningrum) untuk melakukan inventarisasi apa saja yang dibutuhkan para petani yang ada di Kutim. Karena itu merupakan salah satu daya dukung untuk mengembangkan dan meningkatkan produk atau hasil pertanian,” tambahnya.

Terakhir, ia juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah saat ini fokus untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. Ia yakin ekonomi kerakyatan tidak akan terkena dampak karena perputaran uang terjadi di tengah-tengah masyarakat .

Sementara itu, Kepala DTPHP Kutim Dyah Ratnaningrum mengatakan bahwa tahun ini (2023), Pemkab Kutim melalui DPHT memberikan bantuan kepada Poktan yang ada di Jalan Simono. Ia menilai Poktan tersebut sudah melakukan kegiatan pertanian tanpa ada sentuhan dan bantuan dari pemerintah daerah sehingga sangat layak untuk diberikan bantuan.

“Oleh karena itu, tahun ini langsung terima banyak bantuan. Karena mereka memang sudah komitmen, tanpa kita bantu pun sudah seperti ini apalagi kalau ada bantuan pasti jauh lebih maju lagi,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia melaporkan Poktan penerima bantuan bibit bawang merah yakni Poktan Hasil Makmur, Bumi Makmur, Rawah Tani Jaya, Sukses Makmur Bersama, Lestari Mandiri Jaya dan Karya Bersama. Untuk penerima bantuan pengembangan cabai berupa mulsa, pupuk dan asam humat yaitu Poktan Simono Sejahtera, Sukses Makmur Bersama, Prima Tani, Karya Bersama dan Prima Mandiri.

“Sedangkan Poktan penerima alat cultivator yakni Poktan Simono Sejahtera dan Polantan Berkah,” bebernya.

Sebelumnya, Ketua Poktan Sukses Makmur Bersama Ardan Kholis mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ardiansyah bersama istri Siti Robiah yang telah menyempatkan hadir pada kegiatan silaturahmi dengan Poktan yang ada di Jalan Simono. Selain itu, ia juga menyampaikan keluhan-keluhan yang dialami para anggota Poktan kepada Bupati Ardiansyah.

“Ada beberapa keluhan yang ingin kami sampaikan kepada bapak bupati di antaranya kondisi draenase yang saat ini digunakan untuk beternak ikan dan pola yang digunakan menurut kami salah karena dibendung sehingga air tidak mengalir. Selain itu masalah pupuk subsidi yang sulit kami dapatkan dan saat ini kami juga lagi mengembangkan pupuk organik mohon dukungan dari Pemkab Kutim,” singkatnya.(adv/an/bt3)