oleh

Ardiansyah Kenalkan Potensi Pantai Teluk Lingga sebagai Wisata Baru – Akses Jalan Segera Ditingkatkan.

Berita3.net, SANGATTA – Wisata pantai di Kutai Timur (Kutim) memiliki daya tarik tersendiri. Kabupaten yang memiliki bentang pantau dan pesisir ratusan kilometer ini masih menyimpan potensi yang belum dikelola dengan maksimal. Terkini, ada Pantai Teluk Lingga yang mulai dikenalkan oleh Pemkab Kutim kepada masyarakat.

Akses menuju ke tempat tersebut memang belumlah senyaman yang dibayangkan. Namun program pengembangan jalan dan destinasi wisata tersebut sudah terbayang dipikiran Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman. Untuk itu, Ardiansyah didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutim M Muhir dan jajaran, Jumat (15/7/2022) siang, menyempatkan waktu meninjau lokasi pantai dimaksud. Untuk merencanakan peningkatan akses jalan menuju Pantai Teluk Lingga.

“Ini Pantai Teluk Lingga, jadi masyarakat Sangatta tidak perlu jauh-jauh jika ingin liburan ke pantai,” ucap Ardiansyah seraya mengenalkan pantai yang masih asri tersebut.

Pantai teluk lingga

Pantai itu diberi nama Teluk Lingga karena lokasinya masih masuk di Kelurahan Teluk Lingga. Tepatnya di Jalan Abdul Wahab Syahranie dibelakang Gedung Graha Expo Sangatta. Namun saat ini, akses jalan menuju pantai itu masih lumayan susah dilalui. Oleh sebab itu, dia memerintahkan Dinas PU Kutim segera membenahi jalan dan pembangunan geretak ulin agar memudahkan para pelancong berkunjung ke Pantai Teluk Lingga.

“Ini bisa memberikan daya tarik bagi masyarakat dan (pelaku) UMKM untuk berusaha. Jadi bukan wisata saja yang mendapatkan manfaat. Itulah Kutai Timur Magic Land memiliki banyak potensi,” imbuhnya.

Ia menyebut Kutim Magic Land atau daerah ajaib. Karena Kutim mempunyai sumber daya alam yang banyak namun belum dikelola secara maksimal.

Kepala Dinas (PU) Kutim M Muhir menegaskan akan segera menindak lanjuti instruksi Bupati Kutim. Dengan melakukan pembenahan akses jalan. Kegiatan itu segera dikerjakan mulai tahun ini. Pembiayaaan juga sudah masuk dalam penganggaran APBD Perubahan.

” Pantai Teluk Lingga ini cukup bagus, ada hutan mangrove yang masih tertata. Bisa menjadi potensi wisata luar biasa,” sebut Muhir.

Peningkatan jalan menuju Pantai Teluk Lingga, sambung Muhir, sepanjang 3 kilometer dan lebar jalan sekitar 20 meter. Sementara untuk kualitas jalannya bisa jadi beton atau aspal, karena masih menunggu hasil survei desain.

” Allhamdulilah, tidak ada kendala karena itu memang jalan umum dan masyarakat di sana antusias, jalan mereka mau ditingkatkan. Semoga terlaksana dengan lancar,” harapnya.(prokompi/BT3)