Ardiansyah Lepas Kontingen Penas KTNA Kutim, Diharapkan Bawa Hasil Maksimal di Padang

Berita3.net, SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman secara resmi melepas kontingen Kutim untuk mengikuti kegiatan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI Tahun 2023 di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, pada 10-15 Juni 2023. Pelepasan berlangsung di Hotel Mesfa Mulia, Rabu (7/6/2023) malam.

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah menjelaskan bahwa Penas KTNA merupakan ajang pertemuan para petani dan nelayan seluruh Indonesia. Agendanya meliputi konsolidasi antarpetani dan nelayan, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, hingga membahas potensi perikanan dan yang ada setiap daerah di Indonesia.

“Diharapkan para petani dan nelayan kita ada kontak dengan daerah lain. Jadi mendapatkan pengalaman yang bisa dikembangkan di Kutim nantinya,” ucapnya dihadapan Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kutim Dyah Ratnaningrum dan peserta Penas KTNA Kutim.

Foto bersama

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan saat ini Kutim sedang merangkak dalam memenuhi kebutuhan ketahanan pangan melalui berbagai bidang. Baik di bidang pertanian, tanaman pangan, perkebunan maupun bidang lainnya.

“Salah satu produk andalan kita adalah pisang gepok yang ada di Kecamatan Kaubun. Selain itu, kita juga memiliki komoditas yang lain yang coba kita kembangkan di antaranya bawang merah di Sangatta Selatan, cabai di Sangatta Utara, Nanas di Batu Ampar dan Teluk Pandan, ikan asin di Muara Bengkal, lobster di Sangkulirang, salak di Sangkima, cokelat di Karangan dan masih banyak lagi yang lain. Semua ini kita harapkan menjadi produk andalan Kutim nantinya,” urainya.

Terakhir, ia mengucapkan selamat mengikuti Pelas KTNA XVI Tahun 2023. Dan tak lupa mengingatkan kepada seluruh peserta agar tetap menjaga kesehatan dan juga menjaga nama baik Kabupaten Kutim.

“Yang berangkat 112 orang, semoga pulangnya tetap 112. Jangan sampai nambah apalagi kurang,” ucapnya dengan penuh canda tawa.

Sebelumnya, Kepala DTPHP Kutim Dyah Ratnaningrum mengatakan, kontingen Kutim menjadi bagian dari kontingen Provinsi Kaltim pada kegiatan Penas KTNA XVI Tahun 2023 di Kota Padang.

“Kutim akan membawa para petani dan nelayan terbaik dari 18 kecamatan sebanyak 51 orang sebagai peserta utama. Selain itu, ada juga panitia, pendamping dari PPL dan OPD terkait. Untuk jumlah keseluruhannya ada 112 orang,” terangnya.

Ia berharap dengan mengikuti event tersebut para petani Kutim bertambah semangat, menjadi reward bagi para petani nelayan andalan Kutim yang selama ini konsisten dalam usahanya di bidang pertanian secara luas. Selain itu juga menjadi reward bagi para PPL berprestasi.

Dyah sapaan akrabnya pun meminta petunjuk dan arahan dari Bupati Kutim agar pelaksanaan Penas bisa berjalan dengan lancar. Berangkat sehat dan kembali juga dengan sehat serta membawa hasil yang maksimal.

“Kami mohon doa restu dan petuah serta petunjuk bapak bupati sebagai bekal bagi teman-teman yang akan berangkat ke Penas KTNA di padang sampai tanggal 16 Juni 2023 baru kembali lagi,” terangnya.(adv/An/bt3)