oleh

Basuki Isnawan Dilantik Jadi Ketua DPC IKA Fahutan Unmul di Kutim.

Berita3.net, SANGATTA- Dewan Pengurus Cabang Ikatan Alumni Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman (IKA Fahutan Unmul) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) resmi dilantik, Sabtu (10/9/2022). Pelantikan dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kutim, di Bukit Pelangi, Sangatta. Ketua Umum IKA Fahutan Unmul Sarkowi V Zahry yang langsung melantik DPC Fahutan Unmul Kutim.

Terpilih sebagai Ketua DPC IKA Fahutan Unmul di Kutim Basuki Isnawan. Basuki Isnawan yang merupakan Kabag Protokol dan Kominikasi Pimpinan Sekretariat Kabupaten Kutim terpilih secara aklamasi sebagai ketua. Dari hasil Musyawarah Cabang IKA Fahutan di tempat yang sama. Diantara pengurus yang dilantik ada Ketua Dewan Pertimbangan DPC IKA Fahutan Unmul Kutim Didik Prayitno, Wakil Ketua Mufti Prawira Putra dan Sekretaris Agus Setiawan. Total lebih dari 150 orang yang masuk DPC IKA Fahutan Unmul Kutim. Namun hanya puluhan yang datang dikarenakan urusan kedinasan dan keperluan lainnya.

Pelantikan pengurus dihadiri Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, perwakilan Kodim 0909/KTM, Polres Kutim, Asisten Pemkesra Poniso Suryo Renggono dan undangan lainnya.

Basuki Isnawan (ketua IKA Fahutan Unmul Kutai Timur)

Ketua DPC IKA Fahutan Unmul Kutim Basuki Isnawan usai dilantik menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kutim khususnya Bupati yang selalu memberikan dukungan kepada para alumni Unmul untuk bisa terus maju dan bergerak demi pembangunan di Kutim.

“Kutim ini sesuai kata pak Bupati adalah magic land. Memiliki banyak sumber daya yang menjadi tantangan untuk kita taklukan bersama,” kata Basuki.

Ketua Umum IKA Fahutan Unmul Sarkowi V Zahry mengatakan bahwa terbentuknya IKA Fahutan Unmul di Kutim menurutnya menjadi momentum untuk membantu pemerintah. Utamanya bersama-sama membangun Kutim menjadi semakin baik. Bersama mendukung pemerintah sesuai dengan kemampuan masing-masing.

“Mari berkarya memberikan yang terbaik untuk Kutai Timur,” ajak pria yang juga dikenal aktif berorganisasi tersebut.

Zarkowi V Sahry Ketua Umum IKA Fahutan Unmul

Terbentuknya IKA Fahutan Unmul menjadi sejarah dan motivasi perjuangan bagi semua alumni. Bentuk konsolidasi IKA Fahutan agar menjadi semakin solid. Di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kutim, di Bukit Pelangi, Sangatta, Sarkowi yang mantan wartawan tersebut mengatakan bahwa konsolidasi akan terus berlanjut. Setelah Balikpapan, Berau dan kini Kutim. Selanjutnya masih ada Bontang, Kukar, Kubar dan lainnya. IKA Fahutan Unmul juga memiliki cabang di luar daerah dan bahkan luar negeri.

“Diharapkan alumni (IKA Fahutan Unmul) yang ada bisa berkontribusi secara aktif dimana pun berada, untuk kemajuan daerah dan masyarakat,” harap politisi Partai Golkar tersebut.

Sementara itu, Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi dilantiknya DPC IKA Fahutan Unmul di Kutim. Sebab Kutim yang notabene masih memiliki 60 persen kawasan hutan tentunya memerlukan kontribusi pemikiran dan dukunga para alumni kehutanan. Dia juga mengapresiasi upaya pendampingan Fakultas Kehutanan Unmul kepada Hutan Lindung Wehea.

Bupati Kutai Timur H Ardiansyah Sulaiman

Saking masih banyaknya yang perlu dilakukan untuk menjaga hutan di Kutim, Ardiansyah berharap IKA Fahutan Unmul bisa merekomendasikan kementerian terkait agar kembali mengembalikan Dinas Kehutanan di kabupaten.

“Kalau daerah tak memiliki kewenangan, bisa mengendurkan semangat menjaga hutan dan kreasi melestarikan hutan. Hutan Kutim wajib dijaga karena masih banyak yang dihuni oleh primata seperti orang utan, hewan serta tanaman langka lainnya,” jelasnya.

Berikutnya Ardiansyah berharap agar IKA Fahutan Unmul di Kutim dapat memberikan kontribusi pemikiran. Berkreasi untuk melaksanakan pembangunan. Seterusnya mendukung kemajuan “Kutim Magic Land” yang memiliki semua sumber daya.

“Mudah mudahan kita bisa bersinergi, dengan pemerintah dan masyarakat dan sosial lainnya untuk kemajuan daerah,” tutupnya. (Kopi3/bt3)