oleh

Desa Tepian Terap “Kesetrum” Air Terjun Jiwata

Berita3.net, Sangatta –Desa Tepian Terap Kecamatan Sangkulirang dikenal dengan wilayah yang memiliki Air Terjun Jiwata. Dengan Adanya Air terjun ini menjadi salah satu penopang perekonomian di Desa tersebut.

Pasalnya, Air terjun Jiwata ini mampu mengairi puluhan rumah warga di sepanjang Jl. Mangku RT.02 Desa Tepian Terap Kecamatan Sangkulirang.Tak hanya itu, Air Jiwata juga sebagai pembangkit Listrik di Desa Tepian Terap.

“Manfaatnya selain untuk memompa air ke masing-masing rumah, Air Terjun Jiwata juga berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik di sini.” Jelas Kasdi sekertaris Desa Tepian Terap saat di konfirmsi Berita3.net.

Melalui Dana Desa tahun 2018 dan Hibah dari pemerintah Kabupaten Kutai Timur kembali membangun turbin Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) untuk pembangkit listrik dengan jangkauan lebih luas.

Bersama Kasi Pembagunan Kecamatan Sangkulirang, Devi di dampingi Kepala Desa Tepian Terap, Feliks Tinta Manis, meninjau proses pembagunan turbin PLTMH Jiwata II Desa Tepian Terap, Kamis (8/8/2019).

Kepala Desa Tepian Terap (Tengah) saat mendampingi monitoring dan Verifikasi dari Pemerintah Kecamatan.

Pembangunan turbin PLTMH Jiwata II ini ditargetkan tahun 2019 sudah bisa berfungsi dan dinikmati warga Desa Tepian Terap.

“Mudah-mudahan tahun ini sudah berjalan, sementara masih proses, sambil menunggu coran pondasi turbin dan dinamo mengeras secara maksimal, dan mengajak warga Desa Tepian Terap untuk bersama-sama menjaga karena ini milik kita bersama dan untuk kepentingan bersama juga.” Tutup Kasdi. (As)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.