oleh

Disdik Kutim Sosialisasikan Sistem Penilaian Terpadu Kemampuan Baca Tulis Al- Quran

Berita3.net. Sangatta –Dinas Pendidikan Kutai Timur Bekerjasama dengan Kementrian Agama Kutim dan BKPRMI Kutim menggelar acara Sosialisasi Sistem Penilaian Terpadu Kemampuan Baca Tulis Al- Quran untuk Sekolah Dasar dan TKA/TP di Zona Wilayah Kabupaten Kutai Timur, Rabu (30/10/2019).

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Sangkulirang, dihadiri Kepala UPT Pendidikan, Guru PAI serta Kepala Unit TKA/TPA Kecamatan Sangkulirang, Sandaran, Kaubun, Karangan, Kaliorang.

Sistem Penilaian Terpadu merupakan Program-Program Dinas Pendidikan Dengan Tujuan Agar Kemampuan dan Semangat Peserta didik lebih ditingkatkan dan Ada Evaluasi yang dilakukan Sekolah Umum dan adanya kerjasama yang dilakukan saling keterkaitan usaha bersama terhadap peningkatan kemampuan baca tulis al- Qur’an. Kerjasama dilakukan melalui MOU yang lakukan antara antara Sekolah Umum dan TKA/TPA di lingkungan terdekat dengan sekolah.

 

Rusini selaku Ketua Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kutim yang ikut hadir dalam sosialisasi tersebut menjelaskan mekanisme pelaksanaan sistem penilaian yang di maksudkan.

“Sekolah umum meluang waktu khusus Jadwal minimal 1 kali dalam Satu bulan dengan memantau mengevaluasi Dan mencatat perkambangan Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an sambil mengamati Buku Prestasi Santri TKA/TPA Bekerjasama dengan selalu berkordinasi antara sekolah umum dangan TKA/TPA tentang Keaktifan kehadiran siswa.” Jelas Rusini saat di konfimasi tim berita3.net.

Tak hanya itu, ia berharap Hasil Akhir yang di harapkan Siswa dapat Membaca Al Qur’an Kelas 1 memiliki Kemampuan Jilid 1 dan 2,Kelas 2 memiliki kemampuan Jilid 3 dan 4, Kelas 3 Memiliki Kemampuan jilid 5 dan 6, Kelas 4 memiliki Kemampuan juz 1 Sampai 10, Kelas 5 Memiliki Kempuan Membaca Juz 11 Sampai 20, Kelas 6 Memiliki Kemampuan membaca juz 21 sampai 30.

“Penilaian Akhir akan masuk dalam Penilaian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah.” Harapnya.

Tentu harapan utamanya adalah program ini kita sambut baik sebagai terobosan meningkatkan Kemampuan Baca Tulis al Quran bagi siswa beragama Islam sebagai Upaya untuk Membumikan Al quran dengan program wajib mengaji bagi siswa siswi beragama Islam sehingga tidak ada lagi siswa lulusan Sekolah tidak bisa baca tulis al quran.

Sebagai informasi, kegiatan sosialisasi ini akan di gelar di semua Zona yang ada di Kabupaten Kutai Timur.(As)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 komentar

BERITA TERKINI