Ini Lima Program Kadisdukcapil Kutim Demi Peningkatan Pelayanan.

Berita3.net, Sangatta – Merubah cara kerja semakin positif dengan kinerja tinggi menjadi fokus Jumeah selama menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutim. Setidaknya ada lima program utama yang dijalankan olehnya untuk memimpin Disdukcapil menjadi semakin baik.

Pertama sudah pasti adalah terkait kinerja untuk peningkatan pelayana kepada masyarakat. Mengapa kinerja menjadi fokus utama yang dilakukan oleh jajarannya. Sebab pelayanan prima akan menciptakan kenyamanan bagi masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan. Apalagi Disdukcapil merupakan leading sector pelayanan adminduk.

“Kedua adalah pelayanan jam kerja yang tepat waktu. Jadi, para pegawai tak dibenarkan mengulur waktu kerja. Wajib sesuai jadwal kerja, masuk hingga pulang kerja,” tegasnya belum lama ini.

Sebab menurut dia, disiplin waktu kerja merupakan kewajiban seluruh aparatur pemerintahan. Selanjutnya yang ketiga ialah apel dilingkup instansi. Apel pagi sejatinya adalah suatu keharusan yang dilakukan oleh seluruh pegawai pemerintahan. Dimulai sejak pukul 07.30 WITA. Apel pagi tentunya juga mendukung perilaku disiplin setiap pegawai. Keempat, memperbanyak rapat evaluasi untuk pegawai. membahas masalah pelayanan kepada masyarakat. Sehingga saat menghadapi kendala pelayanan, kendala dimaksud dpat segera diatasi dengan solusi yang baik. Berdasarkan hasil rapat evaluasi bersama.

Sedangkan yang kelima menjadi paling penting adalah program “jemput bola” pelayanan dukcapil ke setiap kecamatan. Jemput bola merupakan salah satu cara memberikan pelayanan kepada masyarakat. sekaligus mempermudah masyarakat yang jauh dari ibu kota kabupaten. Untuk layanan dimaksud, jajaran Disdukcapil kerap turun ke lapangan ke kecamatan-kecamatan untuk memberikan pelayanan. Dia kembali menegaskan bahwa pelayanan administrasi dukcapil wajib diutamakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Disdukcapil. Meski demikian, dia menyadari hingga kini masih banyak lagi program-program yang mesti dibenahi oleh pihaknya untuk kepentingan masyarakat. (*/Adv/bt3)