oleh

Kadisdik Kutim Minta Orang Tua Sabar Mendapingi Anak Belajar di Rumah

Berita3.net, SANGATTA– Masa pandemi covid-19 yang mengharuskan siswa untuk belajar di rumah saja, kini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi para orang tua. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur (Kutim) mengimbau, agar orang tua bisa berperan lebih dalam membantu anak belajar di rumah.

Bahwa, menurut Roma, pendidikan karakter diperlukan kerja sama yang baik antara guru dan orang tua. Terlebih dalam masa libur sebab pandemi covid-19 ini, maka peran orang tua akan semakin lebih banyak, mengingat aktivitas belajar sepenuhnya berada di rumah.

“Orang tua perlu pandai-pandai mengelola emosi anak selama masa belajar di rumah. Bila ada tugas dari guru supaya dibantu agar tak membuat emosi anak tak stabil,” ucap Roma.

Apabila terlalu berat dengan tugas dari guru, lanjut Roma, orang tua bisa mengajak anak untuk berdiskusi.

“Ditanyakan ke anak, bagian mana atau tugas apa yang anak merasa berat atau kesulitan,” imbuhnya.

Roma mengingatkan, bahwa peran orang tua akan sangat membantu anak agar terhindar dari stres. Pendampingan menjadi hal yang penting.

Makanya penting menurut Roma agar orang tua juga berkomunikasi dengan guru. Itu berguna untuk menyamakan persepsi.

Langkah selanjutnya adalah membantu anak belajar manajemen waktu. Pada masa ini perlu diingat, anak juga mesti diberi keleluasaan untuk mengembangkan hobi mereka.

“Misalnya mengembangkan minat atau hobi, berolahraga, bercengkerama santai dengan anggota keluarga yang lain,” lanjut dia. (ahs halokaltim/An)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA TERKINI