oleh

Permintaan Meningkat, Zainal Berencana Tambah Lahan Penanaman Tomat

Berita3.net, Sangatta– Zainal petani milenial asal Sangkulirang sekarang kewalahan memenuhi permintaan pasar, lulusan STIPER Kutai Timur jurusan agronomi ini mendapat tambahan permintaan dari Berau, sedangkan untuk kebutuhan Kutai Timur saja belum terpenuhi.

Menurut kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sangatta ini, kebutuhan Kutai Timur dalam sehari mencapai dua Ton, sedangkan produksi kami hanya mampu sekitar 1000 Kg lebih sekali panen. Belum lagi permintaan daru Berau .

“Untuk Kutai Timur sendiri dua ton pun tidak cukup, sedangkan hasil panen kami hanya berkisar antara 1000 sampai 1700 kg sekali panen,panennya tiap 3 hari, kita juga harus memenuhi permintaan dari Berau, dan kita hanya mampu mengirim 500 kg, sudah dua kali kami kirim ke Berau” terang lelaki berpostur tinggi kurus ini

Zainal dengan Hasil panen tomatnya 

Melihat tingginya permintaan pasar zainal panggilan akrabnya berencana menambah volume lahan garapannya sehingga bisa memenuhi kebutuhan sayuran jenis tomat di Kutai Timur serta bisa membantu suplai ke Berau.

Selasa 24/09/2019 zainal bersama iparnya melakukan survei lokasi yang akan dijadikan lahan pertanian, sekitar 6 ha luas lahan yang akan digarap,namun tahap awal karena terkendala dana hanya membuka lahan seluas 2 ha untuk sementara, kedepannya secara bertahap sampai mencapai 6 ha.

“Sementara kami garap 2 ha dulu dari jumlah 6 ha, kedepannya jika dana memungkinkan semuanya akan kami garap”sebutnya. (Raj)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA TERKINI