oleh

Sekilas Tentang Kejar Paket

Berita3.net, Sangatta – Kejar adalah singkatan dari Kelompok Belajar. Kejar Paket A, B dan C adalah solusi bagi kita yang sudah berusia di atas usia sekolah namun ingin memiliki pengetahuan, kemampuan dan ijazah setara dengan SD, SMP atau SMA.

Siapa saja yang ingin mengikuti Kejar Paket A, B dan C harus mendaftar di lembaga penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) resmi yang terdaftar di Departemen Pendidikan Nasional, sehingga nantinya bisa mengikuti Ujian Kejar Paket dan mendapatkan ijazah yang diakui oleh Negara.

Kejar Paket A setara dengan Sekolah Dasar (SD), Kejar Paket B setara dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan Kejar Paket C setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Melalui program kejar paket tersebut siswa akan mendapatkan pelajaran setara dengan tingkatannya. Di akhir program siswa bisa mengikuti ujian kejar paket (atau biasa disebut dengan istilah ujian persamaan atau ujian kesetaraan) untuk mendapatkan Sertifikat Ijazah sebagai tanda kelulusan, yang kemudian dapat dipakai untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik ke sekolah menengah ataupun ke perguruan tinggi, atau bagi yang hendak langsung bekerja, Ijazah juga dapat dipergunakan sebagai kelengkapan persyaratan lamaran kerja.

Bagi yang telah bekerja dan ingin mengikuti kejar paket A, B atau C, tidak usah khawatir akan terganggu atau tersita waktu untuk bekerja kita, karena banyak penyelenggara kejar paket yang mengadakan pembelajaran di luar jam kerja, seperti di malam hari setelah jam kerja misalnya. Waktu tempuh pendidikan pun tidak seperti sekolah formal pada umumnya yang harus menunggu 3 tahun untuk mengikuti ujian dan lulus, namun dengan metode pembelajaran yang intensif dan efisiensif, pendidikan kejar paket dapat ditempuh dengan waktu yang relative lebih singkat.

Sebenarnya Kejar Paket sudah ada sejak lama, namun belakangan ini menjadi terkenal kembali ketika pada tahun 2009 banyak siswa SMP dan SMA yang gagal dalam Ujian Akhir Nasional. Waktu itu tidak ada pengadaan Ujian Susulan atau Ujian Perbaikan, sehingga jika ingin mendapatkan Ijazah, maka harus mengulang 1 tahun di SMP atau SMA. Mereka lantas disarankan mengikuti Ujian Kejar Paket B bagi yang tidak lulus SMP, dan Ujian kejar Paket C bagi yang tidak lulus SMA, dan dengan Ijasah Paket B atau C tersebut mereka bisa mendaftar di SMA atau di Perguruan Tinggi tanpa harus menunggu 1 tahun lagi.

Bagi kita yang ingin mengikuti Kejar Paket A, B dan C tidak perlu malu. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, meskipun usia kita tidak lagi muda, bahkan yang sudah tua sekalipun, dapat mengikuti kejar paket ini. Silahkan datang ke lembaga-lembaga penyelenggara Kejar Paket terdekat di daerah kita masing-masing. Disunting dari Media Kompasiana.com/25/10/2019. (Raj)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 komentar

  1. Saya mau tanya?
    Saya skarang sedang mengikuti sekolah persamaan paket b nah dari pihak pkbm bilang kalau saya mau melanjutkan ke paket c saya harus menunggu 3 tahun jadi ikut sekolah seperti sekolah formal selama 3tahun dulu karena untuk melanjutkan di lihat dari tahun kelulusan jd tidak bisa satu tahun
    Apakah peraturannya memang seperti itu
    Atau sebenernya bisa satu tahun?
    Sementara alasan orng2 yg ikut sekolah persaamaan termasuk saya, knp melanjutkan sklh persamaan karena ingin segera dapat ijasah agar bsa mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dan orng2 yg mengikuti sekolah persamaanpun kebnyakan orng2 yng sudah berumur bukan orng2 yang umuran anak sklh mohon jawabanya?

  2. Saya telah mengikuti paket a 2021 dan kata lembaganya untuk daftar lagi paket harus nunggu 6 tahun apakah bener??? Apa bisa satu tahun saja klo kyak gitu kan buang2 uang aja mending sekolah biasa aja

BERITA TERKINI