oleh

Terpusat di Masjid Agung Al Faruq, MTQ ke-15 Kutim Digelar 11 Desember 2019

Berita3. net, Sangatta –  Sesuai kesepakatan, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 15 tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bakal dilaksanakan pada 11 Desember 2019 mendatang. Kegiatan festival pemuliaan kitab suci umat Islam (Al-quran) ini akan dilaksanakan terpusat di kawasan Islamic Center, Masjid Agung Al Faruq, Bukit Pelangi Sangatta Utara.

Hal tersebut merupakan salah satu pembahasan pada rapat persiapan pelaksanaan MTQ, di Ruang Arau, Kamis (24/10/2019). Rapat tersebut dipimpin Kepala Kementerian Agama Kutim Ambotang didampingi Kepala Bagian Sosial Setkab Kutim Andi Rahman. Dihadiri jajaran pengurus LPTQ, Bagian Sosial, perwakilan sejumlah OPD dan beberapa pejabat lainnya.

Kepala Bagian Sosial Setkab Kutim Andi Rahman yang juga sebagai pengarah dan pembina MTQ menjelaskan, selain terpusat di Masjid Agung Al Faruq ada sekitar tujuh arena MTQ yang digunakan untuk perlombaan.

“Tujuh arena diantaranya Masjid Darul Sakinah di Jalan Assadiyah, Masjid Assalam Bukit Pelangi serta Graha Expo dan Gedung Serba Guna Bukit Pelangi,” sebut Andi Rahman ditemui usai rapat.

Lebih lanjut ia menjelaskan, persiapan terus dilakukan pihak panitia. Seperti pada rapat kali ini dilakukan pembagian kewenangan dan tugas kepada bagian-bagian yang telah terbentuk seperti seksi acara, akomodasi, komsumsi transportasi dan termasuk semua kelengkapan acara.

“Acara bakal dilaksanakan secara sederhana. Namun yang terpenting peserta adalah asli lokal. Makanya kami sampaikan di 18 kecamatan agar menampilkan anak-anak kita. Karena telah dihasilkan pada MTQ tingkat provinsi kemarin kita mampu naik dua tingkat,” jelas Andi.

Arafah (kiri) Koordinator Sekretariat MTQ, H. Andi Rahman Kabag Sosial, H.Ambottang Kepala Kemenag dan Abdul Majid (Kanan) Kasi PAI Kemenag Kutim

Dirinya berharap, pelaksanaan MTQ ke 15 tahun ini dapat berjalan lancar dan sukses serta diharapkan masyarakat turut menyaksikan syiar-syiar quran.

Salain itu, Koordinator Sekretariat MTQ ke 15 Arafah juga memaparkan jumlah perwakilan setiap kafilah dalam MTQ tersebut.

“Pelaksanaan MTQ Insya Allah akan di laksanakan pada tanggal 11- 18 Desember 2019, pusat pelaksanan atau arena utama yaitu masjid Agung Al Faruq Bukit Pelangi sementara arena yang lain akan di pusatkan di pusat masyarakat atau di daerah kecamatan Sangatta Utara. Sesuai dengan surat edaran LPTQ yang akan di tanggung oleh panitia dalam setiap kafilah atau utusan kecamatan adalah 50 Orang.” Jelas Arafah.(hms10/An)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.