oleh

Aliansi Pelajar Balikpapan; Pemerintah Perlu Memberi Pelatihan Tersertifikasi Dalam Rangka Menjamin Ketersediaan SDM di IKN

Berita3.net, Balikpapan- Kalimantan Timur yang telah ditetapkan sebagai Ibu kota Nusantara, tepatnya di Penajam Paser Utara bisa memberikan dampak positif bagi kelangsungan dan kesejahteraan masyarakat di Kaltim, tidak terkecuali bagi daerah daerah penyangga IKN.

Namun Pemerintah juga perlu memberi perhatian lebih pada kesiapan SDM lokal khususnya yang ada di Kota Balikpapan.

Setiap tahunnya Lulusan – lulusan SMA/SMK yang bertambah, ada yang langsung melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Ada pula yang harus menahan keinginannya untuk berkuliah karena faktor ekonomi yang tidak memungkinkan untuk bisa lanjut kuliah.

“Hal ini yang perlu mendapatkan perhatian lebih Pemerintah, agar teman teman pelajar yang telah lulus dan tidak bisa kuliah bisa di bantu dengan pengadaan beasiswa yang mampu meng-cover biaya pendidikan study hingga lulus atau memberikan pelatihan pelatihan keterampilan SDM gratis bagi lulusan lulusan SMA/SMK yang belum bsa lanjut kuliah, ” Sebut Wisnu Koordinator aliansi pelajar se- Kota Balikpapan.

Ia juga menambahkan, di Kota Balikpapan sendiri ada beberapa lembaga pelatihan lisensi BNSP, yah, kalau bisa disosialisasikan untuk kegiatan pelatihannya dan dibuka untuk umum dengan budget yang terjangkau atau kalau bisa gratis .

“Ini juga dalam rangka persiapan dan penyediaan SDM lokal tersertifikasi di kaltim khususnya balikpapan,” Sebut Wisnu pada tim Berita3.net, Kamis (30/6/2022). (*)