oleh

Antisipasi Karhutla, Polda Kaltim dan Telkom Luncurkan Aplikasi Asap Digital

Berita3.net, BALIKPAPAN-Untuk mengantisipasi potensi kebakaran hutan dan lahan di Kaltim, Polda Kaltim bekerjasama dengan Telkom luncurkan aplikasi ASAP Digital.

Peluncuran aplikasi tersebut berlangsung di Hotel Platinum Balikpapan pada Kamis (21/7/2022) yang dihadiri oleh Kapolda Kaltim, Pangdam Mulawarman, Perwakilan Telkom, beberapa kepala Daerah, BPBD, Basarnas serta intansi terkait lainnya.

Kapolda Kaltim Irjenpol Imam Sugianto menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan MoU dengan Telkom untuk menerapkan program nasional aplikasi ASAP Digital yang merupakan program yang memanfaatkan teknologi yang ada.

“Ini kita optimalkan dengan menambah kamera Cctv,yang mana kita bekerjasama dengan telkom mengajak para pelaku usaha untuk melakukan pengawasan terhadap kebencanaan khususnya Karhutla,” jelas Kapolda.

Adapun penerapan yang saat ini sudah ada yaitu di daerah yang banyak perkebunan sawit dan khususnya daerah yang mengandung gambut yang berpotensi besar terjadi kebakaran.

Adapun ditingkat nasional, program tersebut sudah diluncurkan pada bulan September tahun lalu dan di Kaltim juga diterapkan program tersebut sejak diluncurkan hari ini.

“Tahun lalu kalau gak salah ada 2 titik, hari ini tambah 8 titik Khususnya di Kabupaten Paser terus sama di Kutim hari ini menambah 1 titik,” jelas Imam.

Dan rencananya pada bulan September mendatang, di Kutim akan ditambah lagi satu titik pemasangan Cctv guna memantau kemungkinan terjadinya Karhutla.

Imam tambahkan, bahwa daerah yang memiliki kebun sawit luas berpotensi terjadinya kebakaran hutan.”Ini yang betul betul kita antisipasi, dan Alhamdulillah ini sudah terintegrasi dengan 9 kementerian lembaga yang lain secara nasional, ini akan memudahkan seluruh petugas menangani secara cepat melakukan pencegahan terhadap terjadinya kebakaran,” bebernya. (MAD)