Arfan : Perda Ketenagakerjaan Untungkan Tenaga Kerja Lokal.

Berita3.net, Sangatta – Bertempat di Balai Pertemuan Desa Spaso Kecamatan Bengalon Kutai Timur (Kutim), Senin (31/10/2022). Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) daerah pemilihan (dapil) dua, melaksanakan sosialisasi perda (perda) terkait admistrasi dan ketenagakerjaan.

“Alhamdulillah, berjalan cukup lancar. Ada puluhan perusahaan yang terlibat dalam pertemuan itu dan kita patut apresasi,” ungkap Arfan, saat dimintai keterangan awak media.

Menurut Arfan, beberapa poin penting menjadi pembahasan dalam sosper tersebut, termasuk peran serta perusahaan yang memaksimalkan tenaga kerja lokal dan kehadiran kantor cabang dari perusahaan.

“Kita minta kesamaan sikap, karena Perda ini khususnya tenaga kerja, bisa memaksimalkan tenaga kerja lokal. Intinya, masyarakat lokal harus yang utama sebelumnya pekerja luar,” papar Ketua DPP Nasdem Kutim itu.

Selain itu, Ia juga menyampaikan agar yang akan mencari kerja harus melapor ke Dinas Ketenagakerjaan terlebih dahulu. Agar bisa diinput datanya sebagai pencari kerja.

“Jadi semua pengelolaan dan masyarakat diminta yang ada di Kutai Timur kalau akan mencari kerja melapor ke dinas. Supaya Dinas ketenagakerjaan punya satu data terkait pencari kerja. Selain itu, perusahaan-perusahaan yang ada di Kutim yang membuka lowongan juga harus melaporkan ke dinas. Jadi pencari kerjanya satu data dan lowongannya yang ada di Kutim juga satu data,” Ucapnya.

Terakhir, Ia berharap agar perda ini bisa diikuti dan bisa dijalankan oleh seluruh stakeholder yang ada di Kutim. (*/Ao/bt3)