oleh

Bagikan 1000 Bendera Merah Putih, Ardiansyah : Momentum membangkitkan rasa Nasionalisme secara langsung.

Berita3.net, SANGATTA- Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah, Wakil Bupati Kasmidi Bulang serta beberapa pejabat lingkup Pemkab membagikan 1000 Bendera Merah Putih menjelang peringatan Hari Kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia. Kegiatan yang berlokasi pada simpang tiga lampu merah pendidikan (16/8/2022) ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang diinisiasi oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gerimis hujan yang membasahi sekitar Kota Sangatta selama acara, tidak menyurutkan semangat Bupati Ardiansyah serta Wakil Bupati Kasmidi Bulang dan juga para tamu undangan yang hadir untuk membagikan bendera merah putih tersebut. Kegiatan nampak meriah, maklum tahun sebelumnya kegiatan memeriahkan HUT RI hanya dilaksanakan secara sederhana akibat pandemi COVID-19.

Foto bersama

Sesuai dengan edaran Mendagri tentang pembagian 10 juta bendera di seluruh Indonesia, Kutim khususnya kebagian tugas membagikan sebanyak 1000 Bendera Merah Putih. Sebanyak 800 bendera disediakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutim serta 200 bendera sisanya berasal dari bantuan PT Kaltim Prima Coal. Pembagian Bendera ini merupakan bentuk rasa cinta tanah air. Serta memotivasi masyarakat untuk turut memasang Bendera Merah Putih di lingkungan rumah mereka. Di Kota Sangatta, bendera dibagikan di beberapa lokasi.

Bupati Kutim mengatakan bahwa ulang tahun ke 77 Republik Indonesia adalah momentum kebangkita bangsa ini. Setelah dilanda pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir. Momentum untuk membangkitkan rasa nasionalisme secara langsung. Dia menyarankan untuk membagikan bendera yang ada untuk dibeberapa titik di Kecamatan Sangatta Utara.

“Merah Putih ini merupakan lambang perjuangan, karena betapa banyak darah keluar untuk mepertahankan Merah Putih ini,” ucap Bupati Ardiansyah saat diwawancara.

Wakil Bupati Kasmidi Bulang juga mengatakan hal senada. Tanpa adanya kemerdekaan, tidak mungkin saat ini masyarakat merasakan aman dan tentram dilingkungan mereka. Untuk itu ia mengajak seluruh warga Kutim khususnya untuk merenungi kembali 77 tahun yang lalu, bagaimana perjuangan bangsa Indonesia menggapai kemerdekaan. Maka dari itu, untuk memeriahkan HUT ke 77 RI kali ini, Pemkab Kutim akan menggelar kegiatan hiburan masyarakat.

“Tentunya juga menggandeng UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) yang ada. Sebagai upaya Pemkab Kutim dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan,” ucap Kasmidi. (Prokompi/BT3)