Basuki Isnawan Dukung Penanaman 6.000 Mangrove di Pantai Teluk Lingga

Berita3.net, SANGATTA – Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Alumni Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman (IKA Fahutan Unmul) Kutai Timur (Kutim) Basuki Isnawan beserta pengurus menghadiri dan ikut melakukan penanaman 6.000 bibit pohon mangrove di kawasan Pantai Teluk Lingga, Sabtu (15/7/2023) sore.

Kegiatan penanaman itu digagas oleh Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKPDAS) Kutim yang diikuti ratusan peserta. Di antaranya Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wabup Kutim Kasmidi Bulang, Ketua TP-PKK Siti Robiah, beberapa kepala OPD, unsur muspika, organisasi masyarakat, perwakilan Forkompinda dan unsur elemen penting lainnya.

Ditemui insan pers usai melakukan penanaman, Ketua DPC IKA Fahutan Unmul Kutim Basuki Isnawan mengungkapkan, adanya penanaman mangrove di lokasi ini diharapkan masyarakat setempat ikut memelihara tanaman tersebut agar bisa tumbuh dengan baik. Karena nantinya fungsi pohon mangrove dapat dinikmati oleh warga dari ancaman abrasi maupun instrusi air laut.

“Saya bersama tim anggota yang lain ikut senang sekali dapat ikut berpartisipasi dalam penanaman bibit mangrove ini. Kami berharap penanaman bibit mangrove dapat bermanfaat untuk kelangsungan ekosistem air,” katanya.

Ia menambahkan jika penanaman 6.000 bibit mangrove ini sebagai wujud tindakan pihaknya bersama rekan-rekan lainnya dalam pelestarian lingkungan. Tak lupa, ia pun mengapresiasi FKPDAS yang telah melakukan aksi nyatanya dengan melakukan penanaman mangrove di kawasan ini. Sebagai upaya mencegah abrasi dan intrusi air laut yang dikhawatirkan akan semakin meluas.

“Selamat FKPDAS Kutim yang telah dilantik oleh Bapak Bupati. Kemudian langsung bekerja dengan langsung menanam pohon mangrove,” ucap Basuki yang juga menjabat Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokom) Setkab Kutim itu.

Terakhir, ia berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak kepada kelestarian lingkungan.

“Sekaligus menumbuhkan rasa tanggung jawab dan memiliki terhadap lingkungan sekitar,” tutupnya.(kopi7/kopi13)