oleh

BPS Terjunkan 5 Tim Lakukan Census Night di Balikpapan

Berita3.net, Balikpapan – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Balikpapan melanjutkan Sensus Penduduk malam hari (Census Night) untuk memenuhi data sensus penduduk bulan September, Selasa Malam (15/9/2020).

Kegiatan dimulai dari kantor BPS untuk koordinasi, selanjutnya Petugas Sensus menuju lokasi lokasi yang sudah ditentukan untuk di data.

Untuk mendukung kegiatan ini BPS sendiri juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Polairud, KSOP Kesyahbandaran, Pelindo, Dinas Sosial, Camat, Satpol-PP dan Tim Task Force.

Tim yang diterjunkan sebanyak 5 tim, satu tim akan bekerja di 2 wilayah kecamatan serta 2 tim lainnya diterjunkan di pelabuhan Kampung baru serta Pelabuhan Semayang.

Kepala BPS Balikpapan Ir.H. Achmad Zaini menyampaikan bahwa Census Night merupakan sensus penduduk yang dilakukan untuk mencacah penduduk tunawisma atau penduduk jalanan.

Ia menambahkan, mereka para penghuni jalanan kota Balikpapan tetap harus di sensus lantaran juga merupakan warga negara Indonesia.

Untuk proses pendataan pihaknya akan menyusuri sudut kota, perempatan, pasar, terminal, pelabuhan, serta tempat lain yang di curigai ada tunawisma.

Untuk sensus yang di laksanakan dipelabuhan Semayang, pihaknya telah mendata para Awak Kapal yang kebetulan kapalnya sedang bersandar.

Ketika petugas sensus mendata beberapa ABK kapal, mendapatkan hasil bahwa seluruh ABK tidak ada yang berlayar lebih dari satu tahun.

Rata-rata mereka setiap bulan mendapatkan libur kerja, sehingga dimungkinkan sudah terdaftar dan di sensus ditempat mereka tinggal. (Jm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA TERKINI