oleh

Dekranasda Kutim Gelar Pelatihan Manajemen Usaha Berbasis Digital.

Berita3.net, SANGATTA – Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya para perajin, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kutai Timur (Kutim) bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kutim menggelar Pelatihan Pengembangan Manajemen Usaha Pemasaran Berbasis Digital Bagi Perajin. Pelatihan dibuka Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Darsafani di Cafe Contigo, Jalan Tongkonan Ranu, Teluk Lingga, Rabu (23/11/2022).

Dalam sambutannya, Darsafani mengatakan bahwa selepas dua tahun lebih pandemi COVID-19, para pelaku usaha saat ini sudah mulai kembali semangat. Sehingga perlu diberikan pembekalan-pembekalan SDM kepada para pelaku usaha mikro maupun perajin yang ada di Kutim.

“Saya sangat bangga dan bersyukur bahwa kegiatan yang ada di bidang usaha mikro kecil itu terbagi. Artinya tidak tertumpuh kepada Dinas Koperasi dan UMKM tetapi kegiatan dibagi kepada lembaga-lembaga yang lain salah satunya di Dekranasda,” ucapnya dihadapan Ketua Harian Dekranasda Kutim Basuki Isnawan.

Kadis Koperasi dan UMKM Darsafani.

Dihadapan Sekretaris Dekranasda Kutim Sri Yuniarsih, Ketua Panitia Junianti, Perwakilan Dinas Pariwisata, Perwakilan Dinas Perdagangan dan peserta pelatihan pengembangan manajemen usaha pemasaran berbasis digital bagi pengrajin, dia meminta kepada panitia agar nantinya dapat mengevaluasi dan memonitoring para perajin. Khususnya yang sudah diberikan pelatihan dengan maksud untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam memasarkan produknya melalui media online (digital).

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kutim Siti Robiah yang diwakili Ketua Harian Basuki Isnawan mengatakan bahwa kegiatan pelatihan pengembangan manajemen usaha pemasaran berbasis digital bagi perajin merupakan kegiatan yang kesekian kalinya dilakukan Dekranasda Kutim.

“Harapannya, dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang hebat buat kita semua. Terutama untuk teman-teman perajin yang sudah dilatih nanti manajemen usahanya lebih bagus. Sekarang ini sudah era digital kita memasarkan bukan lagi harus teriak-teriak tetapi manfaatkan media sosial dengan baik, saya yakin semua punya smartphone, dunia di genggaman kita, bagaimana kita bisa memasarkan produk-produk yang kita hasilkan dengan baik,” harapnya.

Foto bersama

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada pembina Dekranasda, Dinas Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pariwisata, PT KPC dan PT Pamapersada Nusantara yang telah memberikan support di setiap kegiatan Dekranasda Kutim.

Sebelumnya, Ketua Panitia Junianti menyampaikan bahwa Dekranasda merupakan lembaga yang handal dalam mendukung kemandirian ekonomi Indonesia. Tujuan adalah menyiapkan regenerasi SDM atau perajin yang unggul serta dapat menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan tradisi budaya bangsa.

“Pelatihan pada hari ini diikuti sebanyak 20 perajin yang berdomisili di Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Harapannya pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang positif khususnya dalam pengembangan manajemen usaha pemasaran berbasis digital bagi pengrajin,” ucapnya.

Laporan Ketua Panitia.

Sekadar diketahui, Pelatihan akan berlangsung selama dua hari dengan narasumber Widya Artika Sari Owner Healthybites Sangatta (makanan sehat) membawakan materi tentang pencatatan keuangan sederhana. Nila Drisanti owner Kano Creative (foto produk) dengan materi digital marketing. (Bt3)