oleh

Desa Surga, Garapan Kepala Desa Kaliorang Supriyanto

Berita3.net,Sangatta. Setiap Kepala Desa tentunya memiliki sebuah konsep atau cara untuk memajukan desanya, itupun yang dilakukan oleh cucun kepala desa Kaliorang, mantan ketua GMNI Cabang Kutai Timur ini membuat program yang diberi nama Desa Surga

Desa Surga adalah ruang hidup yang menempatkan warga sebagai subyek untuk berpartisipasi, dan merasakan hasil pembangunan yang nyaman dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menuju Desa Surga, menurut alumni Stiper Kutim ini diperlukan sejumlah instrumen yaitu pemenuhan layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan.
Kemudian, pembangunan insfrastruktur, pengembangan ekonomi kreatif dan pemanfaatan sumber daya alam.

Langakah  yang ambil untuk menata lingkungan di desa Kaliorang, dengan memanfaatkan kondisi desa , yang memiliki pantai dan hutan mangrove, ini dikembangkan jadi tempat wisata agar dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar.

Selain itu pemerintah desa juga berkomitmen untuk membuka usaha-usaha kecil untuk warga yang ingin berjualan kuliner disekitar pantai, dengan begitu hasil para petani dan nelayan bisa langsung diolah dan dirasakan para pengunjung. Ucap Supriyanto

Anak-anak lagi menikmati jembatan hutan mangrove Desa Kalioran (sumber foto koleksi pribadi kades Kaliorang sumber)

Menurutnya (red, Supriyanto)untuk membangun surga desa bukan hal mudah, tetapi pemerintah desa optimis dengan langkah ini. Disamping itu pemerintahan desa bekerja sama dengan karang taruna yang ada di desa kaliorang untuk mempersiapkan fasilitas dan sarana lainnya agar dapat menyedot perhatian para pengunjung khususnya masyarakat yang ada dikecamatan Kaliorang.

Pembuatan jembatan ulin di hutan mangrove desa Kaliorang (sumber foto pribadi kades Kaliorang)

” Objek wisata yang kami bangun, bukan hanya untuk melihat keindahan pantai dan mangrove saja, tetapi warga juga bisa berolah raga disekitar pantai salah satunya bisa joging, berenang dan berjalan kaki mengelilingin hutan mangrove yang telah kami sediakan,”terangnya (raj)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.