Dinkes Kutim Gelar Seminar Pencegahan HIV AIDS.

Berita3.net, SANGATTA – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur  (Kutim) dr Bahrani Hasanah mengatakan bahwa penyebaran Human Immunodeficiency Virus (HIV) dimulai dari perilaku yang tidak sehat dan ketidaktahuan remaja dalam pencegahan terhadap HIV. Hal itu Ia sampaikan saat berikan sambutan Pada pembukaan Seminar Remaja Cerdas Bebas HIV dengan tema “Kenali Cegah dan Stop HIV” di Ruang Akasia, Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi, Kutim, Senin (12/12/2022) pagi.

“Kegiatan ini merupakan acara puncak dari peringatan Hari HIV dan AIDS yang jatuh pada 1 Desember 2022 lalu,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa penyakit HIV sebenarnya bisa di cegah dengan cara  tidak melakukan hal beresiko. Kalau pun harus melakukan, ada tindakan-tindakan pencegahan jangan sampai terkena HIV.

“Penyebarannya melalui cairan tubuh si penderita HIV ke orang yang sehat yang cara perpindahannya melalui suntikan, hubungan seksual, ibu hamil dan air susu ibu,” tambahnya

Selain itu, Ia menambahkan bahwa pencegahan agar tidak terkena HIV adalah tidak melakukan hubungan seksual, tidak ganti-ganti jarum suntik, dan tidak melakukan donor darah sembarangan.

“Apabila sudah mengetahui cara pencegahan dari HIV, rugi kalau sampai masih terkena penyakit HIV,” jelasnya

Sekedar diketahui, tujuan diadakannya seminar adalah agar para remaja mendapatkan pendidikan mengenai HIV sehingga nantinya bisa mencegah dan menghindari perilaku berisiko. (*/bt3)