oleh

Guru PAI Sangatta Utara Adakan Pertemuan Pengisian Aplikasi EMIS dan SIAGA

Berita3.net, Sangatta – Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pangkalan datanya selain terdaftar di Aplikasi Data Pokok Pendidik (Dapodik) juga terdaftar di Pendidikan Islam Education Management Information System (EMIS) dan Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) yang merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh kementerian agama untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam.

Dua pangkalan data ini menjadi catatan tersendiri bagi guru PAI di sekolah umum sebab mereka harus mampu mengoperasikan dua aplikasi ini. Setiap guru PAI harus menginput sendiri semua data yang diperlukan oleh aplikasi sebagai dasar untuk mengetahui kualitas dan kuantitas guru PAI di sekolah umum.

Tak terkecuali guru PAI se Kutai Timur, beberapa hari terakhir sedang antusias melakukan aktifasi akun EMIS dan akun SIAGA mereka di ruang Aula Kementerian Agama Kabupaten Kutai Timur, Jumat (13/03/2020).

Kepala seksi PAIS melalui operator kabupaten Nurlela Hakim melaksanakan sosialisasi pengisian data EMIS pada perwakilan pengurus MGMP dan KKG Kecamatan Sangata Utara. Dalam sosialisasi tersebut, Nurlela Hakim berharap, guru antusias melakukan aktifasi akun hingga tuntas. Sebab menjadi dasar atau acuan bagi kementerian agama dalam menyalurkan tunjangan dan pendataan guru untuk pembinaan peningkatan dan kualitas guru.

”Pangkalan data EMIS ditahun-tahun tahun sebelumnya diisi oleh administrator kabupaten di kemenag. Namun beberapa tahun terakhir, data ini harus di isi sendiri oleh guru bersangkutan, sehingga bisa perkirakan tak ada guru PAI yang “ kudet” apa lagi” gaptek”. Kedua data itu (Siaga dan Emis) harus di aktifkan setiap semester, jadwal mengajar dan absensi harus diperbaharui setiap awal semester. Sebab kementerian agama menjadikan kedua aplikasi ini sebagai acuan pemberian tunjangan.” Ucap Nurlela Hakim selaku Admin Kabupaten di Kemenag Kutim.

Sementara itu, Haeruddin selaku ketua MGMP PAI SMP Kecamatan Sangata Utara, bersama Sekertarisnya Syahida Said turut hadir di kegiatan tersebut, dan langsung melaksanakan kegiatan pertemuan MGMP untuk bimbingan langsung kepada guru PAI SMP Se Kecamatan Sangata Utara di Salah satu ruang kelas SMNPN 2 Sangatta Utara.

Menurut Haeruddin, Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mempercepat proses aktifasi, sebab jika ada rekan guru yang mengalami kendala dalam pengisian data Emis maupun Siaga, bisa langsung dibimbing oleh pengawas. Adapun sebagai Pengawas PAI SMP untuk wilayah Sangata Utara adalah Bapak Tasmin. (As)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA TERKINI