oleh

Pansus Narkoba, Sobirin Bagus; Semua Telah Diatur, Isinya Ada 48 Pasal dan 13 Bab.

BERITA3.NET SANGATTA – Anggota DPRD Kutai Timur, Sobirin Bagus,  memaparkan hasil akhir Pansus bahayanya narkoba dan cara pencegahannya, dalam Rapat Paripurna tentang rancangan peraturan daerah (Raperda) dan terkait Narkoba.

Politisi PKB itu juga menjelaskan, Raperda narkoba itu memuat 13 bab dan 48 pasal yang mengulas secara rinci mengenai upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan napza.

Sementara pasal 10 menyusun pencegahan pada lingkungan masyarakat sebagaimana diatur pada pasal 11, 12, 13 hingga sampai dengan pasal 16. Mengatur pencegahan melalui satuan pendidikan pada pasal 17 dan 18, mengatur pencegahan melalui organisasi kemasyarakatan pada pasal 19 sampai pasal 22, mengatur pencegahan melalui instansi pemerintahan lembaga pemerintahan daerah dan DPRD.

“Selanjutnya metode pencegahan juga diatur dalam Raperda ini pada pasal 23 mulai usaha, tempat usaha, hotel, penginapan dan tempat hiburan. Lebihlanjut dalam pasal 24 diatur tentang pencegahan melalui rumah kost dan atau asrama, pencegahan melalui tempat ibadah diatur pada pasal 25, pencegahan melalui media massa diatur dalam pasal 26,” ucap Sobirin Bagus.

Raperda ini juga memuat masalah penanggulangan sebagaimana diatur pada pasal 27 hingga pasal 30, masalahkalah rehabilitasi juga merupakan fokus dari Raperda ini yang juga telah diatur pada pasal 31 hingga sampai 36 sehingga secara terperinci, Raperda ini telah memuat segala hal terkait pencegahan dan penanganan atau perehabilitasi.

Tambahnya, masalah pendanaan hingga laporan monitoring dan evaluasi juga telah diatur secara rinci dalam Raperda tersebut. Keterlibatan masyarakat dan komponen pemanfaatan sistem informasi untuk membantu terlaksananya tujuan dasar dari pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan napza juga telah diatur dalam Raperda.

“Raperda ini, nantinya secara resmi akan menjadi Perda, sehingga antara dasar hukum yang menjadi landasan Raperda ini hingga penjabaran pasal demi pasal yang terdapat dalam batang tubuh dari Raperda yang telah berjalan,” Tutupnya. (adv/*/ai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.