oleh

Pengelolaan Sampah Terkendala, DPRD Minta Anggaran Khusus ke DLH

BERITA3.NET SANGATTA – Wakil Ketua II DPRD Kutai Timur, Arfan, memimpin rapat hearing, dengan sejumlah Ketua Forum RT Sangatta Utara.

Rapat tersebut, Forum RT Sangatta Utara, mempertanyakan persoalan sampah yang semakin menumpuk di beberapa titik waktu belakangan ini, dan penutupan tps sehingga terjadi penumpukan sampah tidak pada tempatnya.

Menyikapi permasalahan itu, Arfan mengatakan, bahwa pihaknya akan mensupport permasalahan ini, terlebih kebersihan itu merupakan cerminan hidup.

“Sekitar bulan November atau Desember nanti mungkin sudah bisa direalisasikan pengadaan motor pengangkut sampah. Ada 24 unit di APBD-Perubahan nanti,” ucap Arfan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kutim, Novel Tyty Paembonan, mengaku sedih melihat kenyataan, bahwa banyak motor pengangkut sampah yang sudah tak layak untuk beroperasi.

“Kutim sudah lebih 20 tahun, namun belum ada regenerasi alat. Sangat miris sekali,” ucap Novel T Paembonan, saat dikonfirmasi sejumlah awak media.

Tambah Novel, pemerintah harus memberi anggaran lebih, tidak hanya untuk prasarana pendukung, peralatan pelindung diri para petugas yang memungut sampah dilapangan. “Bisa saja terjadi, kan kita tidak tau. Makanya kita perlu antisipasi,” tuturnya.

“Banyak penyakit yang bisa menerpa petugas di tempat sampah, seperti leptospirosis. Itu akan menjadi ancaman bagi para petugas pengangkut sampah yang rentan dengan penyakit itu. (adv/*ai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.