oleh

PKBM Ambalat Mulya Ciptakan Lulusan yang Mandiri dan Terampil

Berita3.net, Sangatta –Menciptakan lulusan yang berkualitas, mandiri dan terampil tentu menjadi harapan semua satuan pendidikan termasuk pusat kegiatan belajar masyarakat atau yang disebut PKBM. Salah satu lembaga yang memiliki harapan yang sama yaitu PKBM Ambalat Mulya.

PKBM Ambalat Mulya merupakan lembaga yang terletak di Desa Margo Mulyo Kecamatan Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur yang merupakan daerah transmigrasi dimana mayoritas masyarakatnya adalah pendatang. PKBM Ambalat Mulya merupakan lembaga yang patut diapresiasi dan diajungkan jempol karena mempunyai komitmen yang mulia dalam mencerdaskan dan memandirikan masyarakat yang putus sekolah.

Hal ini terlihat dari beberapa program-program yang dilaksanakan serta lulusannya sudah memiliki keterampilan dan juga mampu mandiri dengan berwirausaha. Banyak juga dari mereka yang telah bekerja bahkan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi (kuliah).

“Sudah banyak lulusan kami yang bekerja dan membuka usaha bahkan ada yang kuliah dan melanjutkan ke jenjang sekolah formal,” tutur Jumadil selaku Ketua PKBM Ambalat Mulya

Dia menyadari bahwa untuk mengajak masyarakat dewasa kembali bersekolah itu bukan hal yang mudah. Namun ketika kita memberikan pemahaman dan keterampilan yang mereka butuh di dalam lingkungannya pastinya akan ada kesadaran dari mereka untuk kembali melanjutkan pendidikan mereka yang sebelumnya sudah terhenti. Maka dari itu, pendekatan dan pemberian layanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat tentunya menjadi hal yang penting agar nantinya mereka dapat menjadi lulusan yang mandiri dan terampil, tutup Jumadil. (As)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.