oleh

Roma Malau – Pembelajaran Online Bikin Sistem Lebih Terukur dan Terpantau

Berita3.net, SANGATTA– Penerapan pembelajaran online atau dalam jaringan (daring) menuntut kesiapan bagi Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur (Kutim), maupun para guru dan peserta didik. Pembelajaran online dari rumah untuk mengatasi penyebaran covid-19 kini sudah berjalan dengan lancar.

Seperti dikatakan Kadisdik Kutim Roma Malau, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/4/20), bahwa pembelajaran daring tersebut dilakukan dengan memanfaatkan portal aplikasi Rumah Belajar Kemdikbud.

Dalam perakteknya, Roma mengatakan, semua tugas yang dikerjakan siswa secara online ikut dipantau oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan, melalui lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP) Kaltim di Samarinda setiap minggunya.

Hal ini kata disebutkan sebagai standarisasi kompetensi guru, siswa maupun pendidikan yang dilaksanakan pemerintah daerah.

“Malahan dengan situasi pandemic covid-19 kegiatan ini lebih terstruktur dengan menggunakan perangkat lunak, dan dilakukan secara online tanpa ada pertemuan langsung,” terangnya.

Secara prosedur, lanjut Roma, guru yang menerima tugas dari murid akan memberikan tugas tersebut kepada kepala sekolah. Dari sana tugas peserta didik kemudian dikirimkan lagi kepada operator dinas pendidikan sebagai laporan kinerja.

“Setelah dimonitoring tugas kemudian akan dikirim ke LPMP sebagai perpanjangan tangan Kemendikbud,” jelasnya.

Roma juga mengatakan, mekanisme tersebut tidak akan tercapai tanpa adanya kreativitas guru, yang terus berkomunikasi dengan orang tua dalam mendorong peserta didik untuk memenuhi tugas-tugas belajarnya. (adv/ash/An)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA TERKINI