oleh

Digelar Secara Sederhana – Peringatan HARGANAS Ke XXVII di Kutim Tak Mengurangi Makna

Berita3. net, SANGATTA – Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke XXVII tahun 2020 dilingkup Pemkab Kutim diperingati secara sederhana. Tidak seperti biasanya yang dirangkai dengan berbagai kegiatan. Apalagi penyebabnya kalau bukan pandemi COVID-19 yang belum sirna dari dunia.

Kesederhanaan peringatan HARGANAS di Kutim diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Kutim H Ismunandar yang kemudian diberikan kepada Ketua PKK Kutim Ny Hj Encek UR Firgasih dan Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kutim dr Setiadi Halim, Senin (29/6/2020) di ruang Meranti, Kantor Bupati. Di HARGANAS kali ini, Bupati H Ismunandar mengatakan meski diperingati lebih sederhana, namun tidak mengurangi maknanya.

“Atas nama Pemkab Kutim, selamat memperingati HARGANAS ke XXVII tahun 2020. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terus menjalankan dan memasyarakatkan (program) keluarga berencana,” ucap Ismunandar yang memiliki dua anak tersebut.

Lebih jauh Ismu menambahkan, wilayah Kutim yang cukup luas tentunya membutuhkan tenaga Penyuluh KB tak sedikit. Agar sosialisasi program “dua anak cukup” sampai kepada masyarakat. Bupati juga menaruh perhatian pada nasib penyuluh KB yang masih berstatus honor. Untuk itu Ismu berencana meningkatkan status mereka menjadi TK2D. Agar kesejahteraan tenaga penyuluh KB sedikit terangkat. Untuk sementara menurut Ismu, hal itu yang bisa dilakukan oleh Pemkab Kutim.

Sebelumnya, Ketua Panitia (Kepala Bidang Keluarga Berencana) DPPKB Mustika mengatakan, HARGANAS ke XXVII, yang diperingati setiap 29 Juni 2020 ini mengangkat tema “Melalui Keluarga Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju”. Kemudian tema khusus “BKKBN Baru Dengan Cara Baru dan Semangat Baru Hadir Dalam Keluargamu”.

Menjadi momentum penting untuk mengingatkan kesadaran masyarakat dan seluruh komponen bangsa. Tentang pentingnya keluarga dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Rangkaian kegiatan HARGANAS ke XXVII tahun 2020, di Kutim, dirangkai dengan beberapa kegiatan. Diantaranya tasyakuran dengan undangan sebanyak 32 orang. Terdiri dari FKPD, DPRD, OPD dan Kemitraan Pemkab Kutim. Kemudian, memfasilitasi Talk Show di Radio Pemerintah Daerah (RPD) Kutim.

“Mendukung kampanye Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana). Berikutnya, Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di 18 Kecamatan Kabupaten Kutim, dalam rangka memecahkan Rekor MURI dengan kategori serentak,” jelasnya.

Pemenang lomba HARGANAS ke XXXVII tingkat Provinsi Kaltim tahun 2020 Bidang Adpin atas nama Norhayati, juara lomba PLKB Non PNS teladan turut di umumkan pada kegiatan ini. (hms15/hms3/An)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI