oleh

Disdik Kutim – Gelar Kompetensi Sains Nasional (KSN) 2020 Tingkat SD

Berita3.net, Sangatta – Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur menggelar Kompetensi Sains Nasional (KSN) yang sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2020 Tingkat Sekolah Dasar Se Kebupaten Kutai Tmur, dengan tema Kompetisi Sains Nasional Mewujudkan Generasi Cerdas, Berkarakter, Tangguh dan Adaptif terhadap Perubahan, pada hari Kamis 12 Maret 2020.

Kompetisi tersebut dilaksanakan di Aula SDN 007 Sangatta Utara Jl. Apt. Pranoto RT.10, Singa Karti, Sangatta Utara, Sangatta Utara, Kec. Sangatta utara, Kab. Kutai Timur yang di ikuti sebanyak 80 siswa sekolah dari 18 Kecamatan di Kabupaten Kutai Timur. Adapun mata pelajaran yang dilombakan adalah mata pelajaran IPA dan Matematika.

Kepala Dinas Pendidikan Kutai Timur, Roma Malau pada saat membuka kegiatan, menyampaikan bahwa dari kegiatan ini akan muncul bibit-bibit bidang sains di Kutai Timur yang bisa bersaing di tingkat Provinsi sampai tingkat Nasional.

“ Pesertanya ada 715 siswa seluruh kecamatan tapi setelah masuk seleksi di tingkat kecamatan ke tingkat Kabupaten ada 80 siswa, jadi memang kami menginginkan aak-anak dari Kutai Timur mampu berdaya saing baik di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.” Jelas Roma Malau, Kamis (12/03/2020)

Selain itu, ia juga berharap doa dan dukungan dari semua pihak agar siswa dari Kutai Timur yang lolos nantinya bisa bersaing dan memiliki karakter.

“ Kami mohon doa restu, supaya anak-anak kita ini mampu berkompetisi dan berdaya saing dimanapun berada, saya berpesan agar siswa harus berkarakter, jujur dan tidak menyontek.” Ucapnya dalam sambutan.

Sebagaimana di ketahuai, bahwa di dalam Juknis pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah Dasar (KSN-SD) Tahun 2020 , Direktur Pembinaan Sekolah Dasar menyebutkan bahwa harapan dari kegiatan tersebut menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri. Kompetisi ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa. (As)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.