oleh

Gempa Cianjur Adalah Spirit Kemanusiaan

berita3.net – Gempa yang mengguncang Cianjur (Kecamatan CIanjur dan Sekitarnya) pada Senin 21 Nopember 2022 pukul 13:21 WIB dengan kekuatan 5,6 magnitudo adalah bencana alam yang cukup menjadi derita bagi warga sekitar Cianjur.

Menurut data Ayo Cirebon (25 Nop 2022 pukul 22:16 WIB) ada 310 korban meninggal dan 24 orang masih dinyatakan hilang. Kerugian materi Sudha menjadi keniscayaan pada bencana alam yang sangat dahsyat ini.

Penderitaan adalah dampak ikutan dari sebuah bencana, ada yang kehilangan anggita keluarga, sahabat, rumah bahkan mungkin asset lainnya, namun tentu kondisi ini tak dapat dihindari.

Kesedihan sudah pasti menjadi cerita yang tidak perlu diceritakan secara terang-terangan, karena nilai basyariyah (kemanusiaan) akan mampu merasakan tanpa harus ada yang menceritakan kepedihan dan kesedihan mereka yang tertimpa musibah.

Dalam kondisi ini, Ikatan Keluarga Tatar Sunda Bersama Viking Borneo yang juga didukung oleh DPD KNPI Kutai Timur, mengajak kepada warga Kutai Timur untuk turut peduli dengan korban bencana gempa bumi di Cianjur.

Diharapkan kita dapat menyisihkan sebagian kecil dari rizki yang dimiliki untuk berbagi Bersama korban gempa di Cianjur. Dengan tidak menyanpingkan daerah lain yang juga menjadi korban bencana seperti badai dan juga banjir, Namun Cianjur memerlukan perhatian lebih atas musibah yang mereka alami.

Sejatinya setiap bencana adalah ujian, ujian bagi yang mendapatkan bencana dan ujian bagi yang dapat mengulurkan tangan untuk saling membantu dan peduli dengan upaya bangkit dari keterpurukan. Kita do’akan semoga para korban meninggal amal ibadahnya diterima dan diampuni segala dosa, salah dan khilaf, keluarga diberikan ketabahan dan mampu bangkit kembak dari keterpurukan (pak Syaiful Azhar, seepuh IKTS).

Melalui aksi nyata IKTS dan Viking Borneo yang juga didukung DPD KNPI, mencanangkan Gerakan penggalangan dana selama 2 tahap, tahap pertama sampai 4 Desember 2022 dan Tahap 2 sampai 11 Desember 2022, dimana tahap 1 akan dievaluasi pada 4 Desember 2022, sedangkan tahap 2 adalah masa di mana para komunitas di luar IKTS dan Viking Borneo yang menggalang dana bila mempercayakan ke IKTS dan Viking Bornea akan diterima dan disalurkan sesuai dengan rencana dan mekanisme yang telah disepakati oleh Panitia.

Sedangkan penggalangan dana di Kecamatan-kecamatan di luar Sangatta akan dikoordinir oleh sub coordinator yang ditunjuk dan tetap berkoordinasi dengan Posko yang ada di Sangatta. DIharapkan melalui aksi ini, beban dan derita korban gempa Cianjur dapat terkurangi dan merasakan akan kehangatan persaudaraan yang semsetinya dijalin.

Bagi anda yang ingin menyalurkan donasi untuk gempa Cianjur, dapat ditransfer melalui rekening berikut ; 0102574931(Bankaltimtara) atas nama Vikbor Sangatta, dengan konfirmasi ke :

1. Teddy Zailani( 085221514453

2. Pak Rahman (085828529771)

3. Agus Sanusi (081347722117)

Semoga kebaikan saudara-saudara dibalas oleh Allah SWT.