oleh

Himpunan Mahasiswa Agroteknologi STIPER Kutim Gelar Pelatihan Aplikasi Program Citation Mendeley

Berita3.net, Sangatta – Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (Himagrotek) bekerja sama dengan Alumni Agroteknologi Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Kutim menggelar pelatihan Aplikasi Program Citation Mendeley, di Gedung Agroteknologi, Selasa, (14/09/2021).

Ketua Himagrotek A. Ahmad Yasin menyampaikan terima kasih kepada ketua program studi, pengurus himpunan dan seluruh panitia yang telah berhasil menyukseskan kegiatan ini.

“Jadi kegiatan ini bukan hanya sekedar pelatihan akan tetapi sebagai ajang untuk berkumpul atau bersilaturahmi antara Dosen, alumni dan mahasiswa. Semoga dengan kegiatan ini kita bisa lebih memahami cara penyusunan laporan, skripsi.” Ucapnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana
M. Rade, juga berharap dengan kegiatan ini dapat mempermudah mahasiswa dalam mengelola refrensi penelitian.

“Untuk mempermudah mahasiswa dalam mengelola referensi yang digunakan terutama mahasiswa tingkat akhir. Hal ini mengingat bahwa, dalam konteks penulisan karya ilmiah seperti skripsi atau laporan diperlukan teknik dalam menyadur (mensitasi) maupun membuat daftar pustaka atau referensi yang benar. Apa lagi saat ini sebagian besar jurnal-jurnal ilmiah salah satu syaratnya persayaratannya yaitu menggunakan manajemen referensi yang berbasis aplikasi, salah satunya adalah aplikasi mendeley.” Papar M.Rade

Sebagai informasi, Penggunaan manajemen referensi yang berbasis aplikasi salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat plagiarisme dalam karya ilmiah atau umum kita kenal dengan Copy Paste (COPAS). Jika seseorang memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi maka Penulisan Karya Ilmiah merupakan salah satu aspek yang tidak dapat dihindari. Karya ilmiah yang dimaksud dapat berupa skripsi, tesis, disertasi, artikel yang dikirimkan prosiding atau jurnal serta tulisan-tulisan ilmiah lainnya. Penulisan Karya Ilmiah dalam prakteknya, tidak akan pernah lepas dari yang namanya penulisan referensi, termasuk menulis sitasi (Citation) karena ini menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah penulisan karya ilmiah. Seringkali penulis pemula, seperti pelajar, mahasiswa dan masyarakat akademik lainnya, terjebak dalam tindakan plagiasi yang tidak disengaja karena kurang hati‐hati dalam membuat sebuah sitiran.

Mendeley sendiri didirikan pada akhir 2007 dan penggunanya saat ini telah mencapai sekitar 2 juta pengguna. Salah satu pendiri dan CEO Mendeley adalah Dr. Victor Henning yang memiliki gelar PhD dalam Psikologi dari Bauhaus-University of Weimar, Jerman. Elsevier mengembangkan Mendeley untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, berbagi data penelitian dan berkolaborasi antar sesama ilmuwan/peneliti dalam sistem jaringan komputerisasi.

Mendeley adalah salah satu aplikasi atau software yang dapat digunakan dalam pembuatan sitasi dan daftar pustaka. Mendeley adalah software manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang bisa membantu penulis serta masyarakat akademik lainnya untuk mengorganisir publikasi hasil penelitian, menulis skripsi, tesis, desertasi, serta berkolaborasi dengan peneliti lain secara online serta menemukan publikasi penelitian terakhir. (*/Admin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI