oleh

Imbas Covid-19, PKMB Bura Sendana Menggelar Ujian Berbasis Online

Berita3.net, Sangatta – Imbas dari wabah virus corona turut dirasakan dunia pendidikan. Ujian Nasional (UN) 2020 mulai di tingkat SD, SMP hingga SMA yang sedianya diselenggarakan pada April secara resmi ditiadakan sebagai bagian dari sistem respons pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih merebak di Indonesia.

Ketetapan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (Covid-19). Keamanan dan kesehatan peserta didik di tengah pandemi menjadi pertimbangan utama pemerintah hingga akhirnya meniadakan UN tahun ini.

Mendikbud Nadiem Makarim telah menyampaikan syarat penentu kelulusan siswa dalam masa darurat penyebaran Covid-19, yakni dengan menggelar Ujian Sekolah (US). Nadiem bilang, US harus diselenggarakan secara online. Dengan kata lain, siswa yang mengikuti ujian tidak perlu hadir secara fisik.

Hal ini yang juga di terapkan oleh PKBM Bura Sendana Sangatta Selatan, sebagai lembaga yang di bentuk untuk menyelenggarakan pendidikan non formal seperti Paket A, Paket B, Paket C, Paud, dan Pendidikan Masyarakat.

“ Ini sekarang melaksanakan ujian sekolah berbasis online dari paket B dan mulai hari ini hingga 4 hari kedepan (20-24 April 2020) dengan warga belajar menggunakan  HP masing-masing di rumah.” Jelas Muhammad Alwi, kepada tim Berita3.net, Minggu (19/04/2020)

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa pelaksanaannya cukup melelahkan pikiran karena beberapa kendala saat warga belajar mengikuti Ujian Sekolah Online (USO) di tahun ajaran 2019/2020.

“Ada 26 warga belajar paket B, namun hanya 55 persen warga belajar (WB) langsung  mengerti aplikasi USO dengan menggunakan Google Form sehingga kami kesulitan dalam menjelaskan ataupun membantu karena tidak diperbolehkan berkumpul gara-gara Covid-19 ditambah lagi jaringan HP yang lelet, namun tetap semangat dan optimis bahwa walaupun kita tinggal di Desa semuanya harus tetap bisa bersaing dengan yang ada di kota.”Tambahnya

Sebagai informasi, PKMB Bura Sendana telah melaksanakan  Ujian Sekolah Online (USO) hari ini dari 3 mata pelajaran telah diselesaikan walaupun ada beberapa siswa yang harus mengikuti susulan. (As)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA TERKINI