oleh

Ketua KPU Pusat Launching DP3 di Kutim, Ini harapan Bupati Kutim

Berita3.net, SANGATTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Iham Saputra melakukan Launching Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). Kegiatan tersebut diadakan di Gedung KPU Kutim, Sabtu (16/10/2021)

Peluncuran DP3 ini bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan pemilihan umum (pemilu). Khusus di Kutim, terpilih untuk program DP3 adalah Desa Sangatta Selatan.

Turut hadir Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Asisten Pemkesra Seskab Suko Buono, Ketua KPU Kaltim Rudiansyah. Beberapa Kepala OPD, Camat Sangatta Selatan Hasdiah, Kepala Desa Sangatta Selatan, serta undangan lainnya

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengakui bahwa kurangnya partisipasi masyarakat dalam mengikuti pesta demokrasi Pemilu menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi. Permasalahan nasional satu ini tentunya bukan hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu yakni KPU di daerah. Tetapi semua pihak terkait hingga masyarakat.

“Oleh sebab itu setelah adanya lauching DP3 ini, saya harapkan menjadi role model. Nanti setelah diambil kesimpulan, maka bisa jadi contoh bagi desa yang lain,” sebut orang nomor satu di Pemkab Kutim dihadapan undangan yang hadir.

Kesempatan ini sekaligus digunakan Ardiansyah untuk mengingatkan semua pihak, bahwa 18 Oktober 2021, Kutim memggelar Pilkades serentak. Pastinya partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk menciptakan iklim demokrasi yang baik.

”Memang (Pilkades) tidak melibatkan parpol. Tetapi partisipasi masyarakat menentukan arah pembangunan ke depan bagi desanya itu sangat dibutuhkan,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua KPU Pusat Iham Saputra menjelaskan DP3 menjadi salah satu program pihaknya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. Tak hanya dari segi kuantitas namun juga kualitas.

Program DP3 merupakan sarana pendidikan pemilih tingkat desa yang berkesinambungan. Guna meningkatkan pengetahuan dan kepedulian, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu.

“Memang di setiap provinsi ada 2 desa yang kami pilih untuk menjadi locus DP3. Ini sebagai proyek percontohan ke depan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam setiap proses pemilihan umum,” sebutnya pada acara yang tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut. (hms8/hms3/An)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.