oleh

Mengawal Penetapan RKPD Kutim Tahun 2021

Opini : Ashan Putra Pradana (Ketua HMI Cabang Sangatta)

Berita3.net, Sangatta – Kegagalan pembangunan daerah disebabkan oleh penyusunan program-program yang tidak prioritas, sejatinya hal itu akan menuai kritik dari kalangan intelektual dari berbagai golongan, salah satu hal yang banyak digaris bawahi adalah tentang urgensi atas pembangunan yang tidak selaras dengan kebudayaan tempat di mana pembangunan itu dilaksanakan. Hal yang sama pula di kemukakan oleh Galtung dalam tesisnya, saat ini kebudayaan diakomodir dalam kerangka pembangunan, dengan sendirinya akan dari konsensus itu makan akan hadir perspektif pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti infrastruktur penghubung antara kecamatan satu dengan kecematan yang lain atau pun desa satu kedesa yang lain karna aspek itu merupakan salah satu indikator dari keberhasilan daerah untuk menghadirkan kemasalahatan umat secara universal, serta strategi pemasaran produksi pangan di tiap desa-desa terpencil untuk mendongkrak perekonomian di tingkat desa bahkan hal itu sangat berpengaruh besar terhadap APBD kabupaten.

Maka dari itu Pemerintah Kab. Kutai Timur beserta DPRD menelaah RKPD kab. Kutim tahun 2020 lalu sebagai kerangka dasar dalam menyusun RPJMD di tahun yang akan datang. Hari kita bisa melihat bahwa RKPD itu hanyalah sebatas penguguran syarat administrasi di tataran birokrasi di tingkat daerah, tapi melainkan acuan konkrit dalam memfokuskan arah pembangunan dari berbagai sektor di kutim ini baik itu yang bersifat jangka panjang, menengah, atau jangka pendek.

Oleh Karena  itu, DPRD harus betul-betul mengkajinya beberapa sektor yang menjadi kebutuhan masyarakat umum sebelum menetapkan RKPD 2021 pada awal bulan Desember nanti jangan sampai hasil-hasil dari Musrenbang tingkat desa, kecematan dan bahkan kabupaten, sehingga Renja PD tidak jauh panggang dari api atau subtansial dari pembangunan di tiap tingkatan dalam suatu daerah. (*)

Opini ini merupakan tanggungjawab penulis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI