oleh

Meski Terdapat Kendala, PKBM Sejahtera Mulia Kecamatan Kongbeng Tetap Optimis Melaksanakan Program

Berita3.net, Sangatta – Seperti yang di ketahui, saat ini ada 19 Satuan Pendidikan Kutai Timur, salah satunya adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).  Salah satu PKBM yang aktif adalah PKBM Sejahtera Mulia Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur yang beralamat di jalan Dharma Karya RT 15 No.45 Desa Marga Mulya Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur.

Berdasarkan data referensi pendidikan dan kebudayaan, PKBM Sejahtera Mulia Kecamatan Kongbeng berdiri sejak tahun 2011, beroperasional pada tahun 2014 dengan nomor SK 420/11/PKBM-KT/DISDIK-PLS/XI/2014.

Berdiri sejak tahun 2011 namun sampai saat ini masih belum memiliki gedung sendiri padahal PKBM Sejahtera Mulia Kecamatan Kongbeng termasuk PKBM yang cukup banyak warga Belajarnya. Tahun ini saja puluhan warga belajar rencananya akan menggelar ujian sekolah.

Pengelolah PKBM Sejahtera Mulia Kongbeng, Ibu Jemiko Aguswati memaparkan beberapa kendala yang di hadapi dalam pengelolan PKBM tersebut.

“Beberapa kendala kami Sarpras yang belum memadai, Anggaran operasional yang belum cukup terutama untuk membayar honor tutor, belum lagi kondisi geografis wilayah tempat tinggal warga belajar dengan PKBM yang berjauhan sehingga agak sulit dijangkau serta penyesuaian jadwal belajar yang agak sulit dikarenakan sebagian besar warga belajar adalah pekerja/buruh.” Jelasnya Jemiko Aguswati kepada tim berita3.net, Selasa (04/02/2020).

Untuk itu, dirinya berharap keberadaan PKBM di Kutai Timur juga bisa di perhatikan oleh pemerintah kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Pendidikan Kutai Timur  seperti pada sekolah formal.

“Kami berharap perhatian yang lebih dari pihak terkait terutama dari pemerintah dari segi ketersediaan sarpras dan semoga anggaran operasional PKBM dapat ditingkatkan.”Harapnya.

Walaupun kondisinya seperti demikian, namun ia tetap optimis dan berusaha untuk menjalankan berbagai program PKMB Sejahtera Mulia Kongbeng. (As)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA TERKINI