oleh

Paripurna 23, Fraksi PDI-P Sampaikan 10 Poin Penting Tentang Pelaksanaan APBD 2020

BERITA3.NET SANGATTA – Rapat Paripurna 23 dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi dalam dewan terhadap rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2020, dilaksanakan Selasa (06/7/2021). Tujuh Fraksi di DPRD Kutai Timur menyampaikan pandangan umum termasuk fraksi PDIP.

Pemandangan umum yang dibacakan Faizal Rachman, memberikan catatan penting bagi Pemerintah Daerah, untuk bisa dilaksanakan sebagai mana mestinya demi kepentingan masyarakat.

“Ada 10 poin yang menjadi catatan fraksi PDI-P untuk pemerintah, pertama; peningkatan Pendapatan Asli Daerah, Kedua; pembenahan piutang yang masih tinggi, Ketiga; rasio kemandirian yang tergantung dari pusat,” ungkap Faizal Rachman

Keempat sambung Faizal, mengurangi belanja yang tidak prioritas, Kelima; Pemerintah cermat dalam belanja serta penataan aset daerah, karena masih ada 700 aset daerah yang belum memiliki sertifikat.

“Keenam; meminta pemerintah agar dapat menginventarisasi  serta pembenahan admistrasi daftar hutang pihak ketiga yang jumlahnya Rp. 344 milyar lebih, ketujuh; sesuai dengan visi misi kepala daerah, yang mengedepankan sektor pertanian, ini tentu menjadi tantangan namun harus diapresiasi terlebih dalam meningkatkan kontribusi bagi daerah,” ucap Fazail.

Kedelapan; fokus penanganan Covid19 dengan tetap memperhatikan kondisi ekonomi masyarakat, Kesembilan; meminta pemerintah untuk bisa secara transparan mengelola anggaran melalui website sehingga tidak ada penyelewengan maupun tindakan korupsi.

“Sepuluh, tidak hanya dari segi keikut sertaan dalam BPJS kesehatan namun pemerintah juga harus memperhatikan pelayanan kesehatan yang dinilainya masih kurang,” tutup Faizal Rachman. (adv/ai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI