oleh

Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi – Auliansyah, Dosen Ilmu Ekonomi UNMUL adakan PkM di Sangatta

Berita3.net, SANGATTA – Perguruan tinggi berkewajiban untuk melaksanakan Tridharma. Tridharma adalah penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM). Hal tersebut tertuang dalam Pasal 1 Ayat 9, Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Pelaksanaan Tridharma menjadi tanggung jawab seluruh sivitas akademika, dalam mewujudkan kewajiban tersebut. Oleh sebab itu, dosen memiliki tugas pokok untuk melaksanakan tridharma pergurusn tinggi. Tiga hal tersebut memiliki keterkaitan, dimana hasil-hasil penelitian disampaikan melalui publikasi ilmiah dan dalam proses belajar mengajar di ruang kuliah serta diimplementasikan melalui program PkM.

Foto Kegiatan Pelaksanaan PkM di Sangatta

Tahun ini (2021) PkM diselenggarakan oleh Auliansyah, S.Kel.,M.Si dosen Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman dan difasilitatori oleh Efendi Rahmanto, SP.,MM dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusantara Sangatta. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring (dalam jaringan) melalui aplikasi Zoom dengan menyasar berbagai lapisan masyarakat.

PkM bertujuan melakukan workshop analisis finansial, sehingga dapat membekali peserta untuk melakukan perencanaan keuangan usaha dan dapat diaplikasikan pada masyarakat sekitar serta menjadi alat analisis bagi penelitian bagi mahasiswa. PkM dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari Jumat dan Sabtu tanggal 10 sampai 11 September.

Pelaksanaan hari pertama mengusung topik “Kelayakan Finansial pada Usaha Sektor Perikanan” dan hari kedua topik “Kelayakan Finansial pada Usaha Sektor Pertanian”. Topik-topik tersebut sesuai dengan bidang keahlian dan hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Auliansyah. Secara teknis, workshop memaparkan teori dan hasil penelitian kemudian dilanjutkan praktikum analisis finansial melalui Excel.

Peserta dihadiri hingga 100 orang yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat Sangatta, seperti: pegawai pemerintah, pegawai BUMD, pegawai perusahaan swasta, mahasiswa, tenaga pendidik dan dosen STIENUS hingga ibu rumah tangga.

Dalam proses pelaksanaannya para peserta cukup antusias mengajukan pertanyaan dan diskusi dengan pemateri. Ada berbagai kesan dan manfaat yang dirasakan oleh peserta setelah mengikuti PkM ini, seperti yang dirasakan oleh Mc. Gyver Trisunardi dari STIENUS

“Kegiatan ini sangat menarik, penilaian financial perikanan memberikan pengetahuan baik dalam revenue, cost dan aspek lainnya terutama untuk mahasiswa yang mencoba usaha di bidang perikanan” Ungkapnya

Lain lagi yang disampaikan oleh Upi Hardiati S, dari TK Mutiara Islam Al-Ittiba mengatakan bahwa kegiatan work shop melalui webinar dengan tema Kelayakan Finansial Pada Usaha Sektor Pertanian sangat bermanfaat.

“Cukup bermanfaat, Materi yang disampaikan bisa diaplikasikan. Misal lebih berhati-hati lagi dalam bidang finansial.”jelasnya (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI