oleh

SD YPPSB 1 Sangatta Utara Raih Penghargaan Apresiasi Sekolah Sahabat Keluarga 2019 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Berita3.net, Sangatta –Malam anugerah Apresasi Sekolah Sahabat Keluarga diselenggarakan di Balai Kartini Jakarta, Rabu 06 Nopember 2019. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Keluarga Bapak Ir. Harris Iskandar, P.Hd menyampaikan Tema kegiatan pada tahun ini adalah “Penguatan Karakter Melalui Pendidikan Anak Usia Dini dan Pelibatan Keluarga”.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan selanjutnya menyampaikan bahwa keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak dapat membentuk ekosistem pendidikan menjadi makin kondusif bagi keberhasilan pendidikan, terutama dalam membentuk anak yang sehat, cerdas, berkarakter, bahagia dan berbudaya prestasi. Pemerintah terus berupaya mendorong peran keluarga sebagai pendidik yang pertama dan utama telah dicetuskan sejak lama oleh Ki Hajar Dewantara sejak tahun 1935, sebagai bagian dari Tri Sentra Pendidikan, yaitu: alam keluarga, alam perguruan (sekolah), dan alam pergerakan pemuda (Masyarakat). Oleh karena itu keluarga, khususnya orang tua harus dibekali dengan berbagai pengetahuan tentang pengasuhan. Dengan dasar inilah diperlukan sinergi yang kuat antara para stakeholder yang ada dalam ekosistem pendidikan dan salah satunya adalah melalui program pemberian apresiasi pada pihak yang berperan dalam kesuksesan program pelibatan keluarga dan Masyarakat.

Tahun 2019 ini Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan apresasi berupa: Sekolah Sahabat Keluarga, Organisasi mitra sahabat keluarga, pegiat PAUD, konten kanal, Lomba Jurnalistik, lomba film pendek, dan penghargaan orang tua hebat.

Diketahui, Jumlah seluruh peserta yang mengirim portofolio sebanyak 239 sekolah, dari jumlah tersebut dipilihlah 21 sekolah penerima anugrah apresiasi sekolah sahabat keluarga. Berbagai kegiatan yang melibatkan dan memberdayakan orang tua sebagai mitra sekolah telah dilakukan di SD YPPSB 1 Sangatta Utara yang terangkum dalam portofolio SD YPPSB 1 Sekolah Sahabat Keluarga.

Kepala Sekolah SD YPPSB 1 Sangatta Utara Syafi’i menyampaikan proses seleksi hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

“SD YPPSB 1 Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur merupakan salah satu sekolah penerima penghargaan anugerah Sekolah Sahabat Keluarga setelah melalui tahapan seleksi dari mulai seleksi portofolio sampai visitasi.” jelas Syafi’i saat di konfirmasi tim Berita3.net.

Selain itu, ia juga berharap hasil yang di dapat semakin meningkatkan kualitas pendidikan.

“Semoga apresasi yang diterima berupa Piala, Piagam dan Uang Pembinaan ini dapat semakin meningkatkan kualitas pendidikan di SD YPPSB 1 Sangatta Utara Kabupaten Kutai Kalimantan TImur.” tutupnya. (As)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA TERKINI