oleh

Rencana Agustus 2021, PKBM Ambalat Mulya Rantau Pulung Gelar Kampung Literasi

Berita3.net, Sangatta – Kampung Literasi (KL) merupakan kawasan kampung/desa yang digunakan untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan masyarakat, mewujudkan masyarakat yang memiliki 6 komponen literasi, yaitu literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial dan kewarganegaraan serta membentuk masyarakat pembelajar sepanjang hayat.

“PKBM Ambalat Mulya merupakan salah satu Lembaga dari 30 TBM (Taman Bacaan Masyarakat) se Indonesia dengan program layanan TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang mendapatkan dana bantuan untuk peningkatan minat baca tahun 2021 untuk penyelenggaraan Kampung Literasi” ujar Jumadil, Ketua PKBM Ambalat Mulya, Jumat, (16/07/2021)

PKBM Ambalat Mulya juga merupakan satu-satunya lembaga di Kaltim yang menerima bantuan program kampung literasi ini, tambahnya. Nama program ini adalah Kampung Literasi Margo Mulyo. Nama ini diambil karena Desa Margo Mulyo merupakan sasaran tempat dilaksanakannya program kampung literasi ini.

Tujuan dari program ini adalah untuk membangun komunitas literasi berbasis kawasan/wilayah dalam rangka meningkatkan pengetahuan, informasi dan keterampilan kepada masyarakat sehingga memiliki kecakapan dan wawasan yang luas serta keterampilan yang memadai juga Mengembangkan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat mengacu pada 6 (enam) literasi dasar abad 21.

Saat koordinasi dengan Bupati Kutai Timur

Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Agustus 2021 sambil melihat perkembangan kondisi pandemi.

“Koordinasi masih terus dilakukan dengan beberapa stakeholder diantaranya pemerintah desa Margo Mulyo, Pemerintah Kecamatan Rantau Pulung, Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kutai Timur termasuk pemerintah daerah serta beberapa stake holder lainnya”, tambah penulis buku Perjuangan Sang Pengukir Mimpi ini .

Kegiatan yang digelar diantaranya diskusi literasi, beberapa lomba seperti lomba membaca puisi, mewarnai, pelatihan keterampilan, kegiatan mendongeng, kegiatan membaca di Teras Pintar, Pojok Baca, kunjungan ke beberapa satuan pendidikan, lapak baca di beberapa tempat dan kegiatan lainnya yang mendukung peningkatan minat baca masyarakat.

“Seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan tentunya nantinya akan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah”, tutup Jumadil. (As)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI